7 Variasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit
7 Variasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Variasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Daftar Isi

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Olahraga untuk mengecilkan perut yang buncit sudah menjadi bahan pertanyaan para Sobat Ourena sejak dulu, sekarang Rena akan menjawab segala kekhawatiran Sobat dengan artikel ini. Jadi pastikan Sobat Ourena membacanya sampai selesai dan harus dipraktekan agar mendapatkan perut yang ideal.

Setujukah Sobat Ourenal bahwa perut buncit itu sangat mengganggu penampilan yang kadang berujung tak percaya diri saat mengenakan pakaian tertentu khususnya wanita. Perlu Sobat ketahui kini perut buncit pun tidak hanya identik dengan para pemilik tubuh yang gemuk saja, melainkan mereka dengan tubuh yang relatif kurus pun, bisa memiliki perut buncit. Tak heran lagi jika banyak yang melakukan segala cara untuk mengatasinya.

Ada sejumlah gerakan olahraga yang ampuh mengusir lipatan dan lemak di perut. Hasilnya mungkin tidak akan bisa diliat dengan jangka waktu pendek, tapi Sobat harus tetap semangat dalam melakukan gerakan olahraga yang Rena akan rekomendasikan. Mulai dari side plank, lying leg raise, leg up crunch, crossover crunch, bicycle crunch, serta mountain climbers merupakan gerakan untuk mengecilkan perut yang efektif.

Rena sangat rekomendasikan untuk Sobat Outena mengikuti setiap panduan berikut ini, untuk memperoleh perut ideal yang Sobat idam-idamkan. Selain bisa dilakukan pria maupun wanita, Sobat juga tentu saja dapat mempraktikkannya langsung di rumah, apartemen, atau kamar kos.

1. Side Plank

olahraga untuk mengecilkan perut

Olahraga yang pertama Rena sarankan yaitu side plank, yang merupakan variasi gerakan plank yang ampuh digunakan untuk mengusir perut buncit. Berikut langkah-langkah melakukannya:

Berbaringlah di lantai menghadap ke kiri. Angkat separuh tubuh dengan posisi siku kiri bertumpu di lantai. Sedangkan posisi kaki kanan ditumpuk di atas kaki kiri. Bentangkan tangan dan lengan kanan ke arah atas untuk keseimbangan.

Dari posisi tersebut, perlahan taruh pinggul kiri ke lantai lalu angkat kembali ke samping atas. Ulangi beberapa kali dan ganti sisi sebelahnya. Tahan 60 detik di setiap sisi dalam posisi ini.

2. Comando Plank

olahraga untuk mengecilkan perut

Selain side plank, gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit lainnya yakni comando plank. Caranya sangat mudah yaitu seperti berikut:

Mulai dengan high plank atau plank dengan awalan kedua tangan dalam posisi push up dan buka kaki selebar pinggul. Tahan gerakan ini selama 30 detik. Jaga tulang belakang dalam kondisi netral. 

Variasikan plank dengan menarik bagian tengah tubuh, sembari turunkan siku sampai tangan ke lantai. Jaga posisi punggung tetap rata, lantas dorong lengan kembali ke posisi high plank. Ulangi setiap 15 detik. Lakukan gerakan ini selama 60 detik. 

3. Flutter Kicks

Di atas matras yoga, posisikan tubuh Sobat dengan tidur terlentang dan punggung menyentuh matras. Angkat kedua kakimu secara bergantian dari atas ke bawah. Agar gerakan olahraga mengecilkan perut ini membakar lemak perut secara maksimal, jangan sampai kaki menyentuh matras dan kencangkan otot perut. Lakukanlah secara berulang ya Sobat dalam waktu 3 kali 20 detik.

4. Leg Raises

Kali ini, Sobat harus mengangkat kedua kakimu secara bersamaan. Turunkan kedua kaki secara perlahan tapi jangan menyentuh matras. Apabila Sobat merasa keberatan dengan olahraga mengecilkan perut ini, taruh kedua telapak tangan di belakang pantat untuk membantu kaki naik ke atas.

5. Cross Crunch

Setelah detak jantung sedikit lebih cepat, saatnya menjajal gerakan olahraga mengecilkan perut buncit cross crunch. Caranya sangat mudah yaitu seperti berikut:

Sobat berbaring dengan posisi tangan kiri di belakang kepala, lengan kanan terlentang membentuk sudut 90 derajat, dan telapak tangan kanan menghadap ke bawah. 

Variasikan gerakan dengan angkat lutut kanan dan goyangkan ke sisi kanan hingga siku kiri menyentuh lutut kanan. Balikkan gerakan sampai Anda kembali ke posisi awal. Selesai di satu sisi, ganti sisi lainnya. Lakukanlah gerakan ini 10 kali per sisi.

6. Sit-up Parsial

olahraga untuk mengecilkan perut

Berbaring dengan posisi telentang. Tekuk lutut dan selipkan kaki di bawah beban (kasur, meja, atau minta tolong pasangan untuk memegangi). Rentangkan tangan ke arah depan lalu angkat badan sampai kepala, bahu, dan punggung mendekat ke arah lutut. Buat gerakan berulang dan cepat. sampai perut terasa hangat. 

Rena sarankan Sobat lakukan gerakan ini sebanyak 40 kali ya. Selain mencoba beberapa gerakan olahraga mengusir perut buncit di atas beberapa kali sepekan, pastikan imbangi dengan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan dan minimalkan stres. Setelah itu, perhatikan perubahan otot di sekitar area perut beberapa waktu kemudian.

7. Mountain Climber Twist

Variasi olahraga  untuk mengecilkan perut yang terakhir adalah mountain climber twist, yaitu dengan cara seperti ini:

Posisikan tubuh Sobat dengan postur full plank, tangan lurus menahan berat badan dan kaki lurus ke belakang. Tekuk kaki ke arah dada Sobat dan putar ke arah dalam, misalnya kaki kiri Sobat tekuk dan putar ke kanan, begitu juga sebaliknya. Tak usah terburu-buru, lakukan gerakan olahraga mengecilkan perut ini dengan perlahan dan jangan lupa mengencangkan otot perut. 

Pastikan posisi punggung dan pantat lurus sejajar sesuai dengan postur plank yang benar. Jangan lupa untuk sesering mungkin melakukan gerakan yang satu ini ya Sobat Ourena.

5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Mengecilkan Perut

larangan makanan untuk diet

Selain dengan 7 variasi olahraga di atas, salah satu cara mengempeskan atau mengempiskan perut buncit secara alami adalah pengaturan pola makan. Selain ditunjang olahraga secara teratur, pengaturan pola makan atau diet sehat penting untuk memangkas kelebihan lemak di perut. Dalam diet sehat dan seimbang, pemilik perut buncit disarankan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu, yaitu sebagai berikut:

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger, pizza, sampai ayam goreng umumnya tinggi kandungan lemak jahat dan garam. Selain itu, makanan cepat saji juga rendah nutrisi, serat, serta minim vitamin dan mineral. 

Studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menyebut, pengonsumsi makanan cepat saji cenderung punya berat badan berlebih, kolesterol trigliserida yang tinggi, dan punya lingkar pinggang lebih besar dibandingkan orang yang makan asupan sehat.

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti daging bacon, sosis, sampai kornet merupakan makanan pantangan pemilik perut buncit. Makanan olahan tersebut dapat menambah tumpukan lemak di sekitar perut atau visceral. 

Lemak visceral dapat melepaskan senyawa kimia yang dikenal sebagai “sitokin”, biang penyakit jantung. Studi yang diterbitkan di PLOS One pada 2011 lalu menyebut, mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan indeks massa tubuh dan lingkar pinggang. 

3. Karbohidrat Sederhana

Perlu Sobat Ourena ketahui bahwa tidak semua jenis karbohidrat buruk bagi pemilik perut buncit. Jenis karbohidrat yang bisa membuat perut tambah buncit adalah karbohidrat sederhana

Jenis makanan ini bisa ditemui dalam nasi putih, roti, pasta, mie, donat, dan sebagainya. Makanan berbasis tepung terigu dan nasi putih dapat membuat gula darah melonjak.

Konsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan obesitas, resistensi insulin, peradangan, dan masalah kesehatan lainnya. Sedangkan jenis karbohidrat kompleks seperti kentang, labu, atau beras merah, masih boleh dikonsumsi pemilik perut buncit asalkan tidak berlebihan.

4. Gorengan

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng dapat membuat perut kembung dan memicu refluks asam lambung. Mengonsumsi makanan yang digoreng, punya efek bagi tubuh serupa saat Anda makan daging olahan. 

Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang buruk bagi tubuh. Selain itu, gorengan juga cenderung lebih lama dicerna, sehingga rentan menimbulkan penumpukan lemak di perut.

5. Makanan dan Minuman Manis

Tingginya kandungan gula dalam tubuh rentan mengikat lebih banyak lemak. Minimalkan asupan gula dari makanan dan minuman seperti cake, minuman soda, kopi susu gula aren, atau boba milk tea. 

Selain menghindari beberapa jenis makanan di atas, Anda juga disarankan minum air putih yang cukup dan mulai kebiasaan mengonsumsi camilan yang sehat. 

Pilih kacang-kacangan yang dipanggang seperti kuaci, atau ganti keripik kentang dengan alpukat. Penuhi juga kebutuhan tubuh Sobat untuk beristirahat dengan tidur yang cukup dan hindari stres yang berlebih.

Itulah penjelasan mengenai berbagai variasi olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Jika ada dari Sobat Ourena yang ingin berdiskusi atau menanyakan sesuatu silakan gunakan kolom komentar di bawah ini. Share postingan ini ke orang-orang yang Sobat sayangi dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan bagi Sobat Ourena yang merayakan.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap