Amankah Berenang Saat Pandemi? Dapatkan Tipsnya Juga
Amankah Berenang Saat Pandemi? Dapatkan Tipsnya Juga

Amankah Berenang Saat Pandemi? Dapatkan Tipsnya Juga

Daftar Isi

Amankah Berenang Saat Pandemi?

Amankah berenang saat pandemi? Masih menjadi perdebatan banyak orang mengenai hal ini. Kolam renang umum merupakan salah satu tempat olahraga sekaligus untuk rekreasi yang sangat menyenangkan, dan kerap menjadi serbuan masyarakat umum. Nah yang sekarang menjadi pertanyaan adalah amankah berenang saat pandemi? Jawaban dari para ahli menyatakan aman tetapi juga bisa tidak aman. Mengapa bisa demikian, karena menurut Dokter dan para ahli Covid-19 merupakan jenis penyakit yang masuk dalam kategori penyakit pernapasan, dan tidak menular melalui air.

“Umumnya, patogen pernapasan tidak dapat bertahan di permukaan air dan karena disebabkan oleh virus pernapasan, kondisi ini hanya dapat ditularkan jika hidung (dengan cara dihirup), dan bukan ditelan."

Joseph Eisenberg, Business Insider Tweet

Sobat Ourena masih belum yakin dengan pernyataan di atas? yuk langsung simak penjelasan dari Albert C. Susanto mengenai berenang saat pandemi.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com melalui Womens Running, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak ada bukti bahwa Covid-19 dapat menyebar melalui penggunaan sistem air rekreasi seperti kolam umum, pemandian air panas, taman bermain air, danau, sungai atau lautan.

Tidak ada hubungan risiko penularan [virus] dengan air laut atau terutama pada air kolam. Virus itu tidak ditularkan dengan rute ini, tidak ditularkan melalui air."

Dr Ebb Lautenbach, Head of Infectious Diseases at the University of Pennsylvania's Perelman School of Medicine. Tweet

Jadi Rena dapat simpulkan bahwa kita akan tetap aman berenang saat pandemi dengan catatan tetap patuhi protokol kesehatan dan ikutin petunjuk yang sudah ditetapkan demi kenyamanan seluruh pengunjung kolam renang ya Sobat Ourena.

Rekomendasi Kolam Renang di Jakarta

Sebagian dari Sobat Ourena yang pecinta olahraga renang pasti merasa sudah sangat gerah ingin segera berenang bukan. Ini dia 2 rekomendasi kolam renang di Jakarta yang wajib Sobat Ourena kunjungi:

1. Waterbom Jakarta (PIK)

Amankah Berenang Saat Pandemi

Waterbom Jakarta, dulu bernama Waterbom PIK karena letaknya berada di kawasan Pantai Indah Kapuk. Menurut Rena merupakan salah satu waterpark terbaik yang ada di Jakarta, karena memiliki berbagai fasilitas lengkap dan merupakan kawasan wisata ramah keluarga. Jadi jangan heran bila saat Sobat Ourena mengunjungi tempat wisata kolam renang ini akan selalu padat pengunjung, terlebih di saat akhir pekan dan musim libur sekolah tiba.

Memiliki berbagai wahana menarik dan super keren yang rata-rata cukup menantang adrenalin, selain itu kawasan ini juga terbilang cukup hijau untuk sebuah wisata waterpark. Banyak pepohonan rindang yang cukup menyejukkan di saat anda menikmati berbagai permainan yang tersedia. Permainan yang paling diincar pengunjung adalah wahana aquatube. Yang mana merupakan wahana seluncur dalam 3 jenis dengan ketinggian yang berbeda-beda. Panjang wahana ini mencapai 118 meter dengan tinggi kurang lebih 15 meter.

Jangan khawatir, meski Sebagian besar merupakan wahana air yang menantang adrenalin. Terdapat juga wahana untuk anak-anak lho. Waterbom Jakarta buka setiap hari, harga tiket Waterbom Jakarta 150 ribu (dewasa) dan 100 ribu (anak-anak) untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libur 200 ribu (dewasa) dan 150 ribu (anak-anak). Jangan terlalu pagi datengnya ya, karena jam buka Waterbom Jakarta cukup siang yakni pukul 11.00 WIB.

2. SnowBay Waterpark TMII

Snowbay Waterpark jakarta

Sumber: Jejak Piknik

Dari Kawasan PIK, lanjut ke rekomendasi kolam renang di Jakarta selanjutnya di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Berlibur ke TMII belum lengkap rasanya kalau Sobat Ourena belum menikmati area wisata yang satu ini, apa lagi kalau bukan Snowbay Waterpark. Bawa banyak anggota keluarga bukan sebuah masalah, karena Snowbay Waterpark memang sangat cocok untuk mereka yang telah berkeluarga. Bertemakan pegunungan salju, nggak heran kalau Sobat Ourena akan menjumpai berbagai ornament bersalju. Wahana snowbay waterpark pun sangatlah beragam, yang paling popular adalah seluncur air terbukti dengan jumlah antrian yang selalu ramai.

Wahana lain yang menjadi tempat favorit adalah kolam ombak, Sobat Ourena bisa menikmati sensasi suasana pantai. Selain itu ada pula kolam arus untukmu bersantai, asik banget kan? Harga tiket snowbay waterpark cukup murah hanya berkisar 100 ribu (dewasa) dan 85 ribu (anak-anak) untuk hari biasa atau weekdays, sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur nasional sekitar 120 ribu (dewasa) dan 100 ribu (anak-anak). Jam operasional snowbay waterpark pukul 9 pagi hingga 6 sore setiap hari. 

Ikuti 5 Tips ini agar Tetap Aman Berada di Kolam Renang

Setelah Sobat Ourena mengetahui di atas, alangkah baiknya Sobat juga wajib mengetahui dan pahami berbagai tingkatan risiko yang kemungkinan akan terjadi ala Dr. Devia, Berikut 3 tingkatan risiko yang wajib Sobat Ourena pahami:

Risiko terendah terpapar virus corona adalah ketika berenang di kolam renang pribadi yang sudah terklorinasi. Risiko tertular juga rendah apabila kolam renang hanya diisi oleh Anda maupun anggota keluarga. 

Risiko sedang terpapar virus corona adalah ketika berenang di kolam umum yang sudah terklorinasi dan aturan menjaga jarak sudah diterapkan, baik sendiri maupun dengan anggota keluarga lainnya.

Risiko tinggi terpapar virus corona adalah apabila berenang di waterpark, di kolam terbuka dengan orang yang bukan anggota keluarga dan tidak ada jaga jarak.

Setelah Sobat Ourena mengetahui dan pahami 3 tingkatan risiko-risikonya, berikut berbagai tips agar tetap aman berada di kolam renang di tengah pandemi saat ini:

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu Sebelum Renang

Riset Kolam Renang

Tips pertama dari Rena yaitu, Sobat Ourena disarankan untuk mengetahui situasi atau daerah yang akan dikunjungi untuk berenang.

Sobat Ourena perlu mencari tahu apakah di dekat atau di daerah kolam renang umum yang akan Sobat kunjungi memiliki banyak korban positif Covid-19 atau tidak?

Jika aman Sobat boleh untuk berenang di lokasi tersebut, tetapi jika terdapat banyak korban yang terbukti positif Covid-19, Rena sarankan untuk mencari kolam renang lain yang lebih aman.

2. Selalu Gunakan Masker Sampai Sebelum Anda Berenang

Tetap gunakan masker

Perlu Sobat Ourena ketahui bahwa Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan pedoman agar Sobat tetap menggunakan masker sampai sebelum masuk ke dalam air.

Ini karena virus corona tidak menular melalui air kolam renang, melainkan dari permukaan-permukaan yang ada di area kolam renang.

Meski begitu, Sobat tidak diperbolehkah menggunakan masker di dalam air, karena ini membuat sulit bernapas.

3. Bawa Perlengkapan Ini di Tas Anda

Amankah Berenang Saat Pandemi

4. Tetap Menjaga Jarak dengan Pengunjung Lain

Amankah Berenang Saat Pandemi

Seperti yang sudah Sobat Ourena ketahui, meski virus tidak menular dari dalam air, tapi pengunjung tetap diminta untuk menjaga jarak selama berenang. Rena sarankan untuk menjaga jarak setidaknya 2 meter.

Mengapa harus melakukan hal demikian? Karena droplet bisa berpindah dari satu orang ke orang lain melalui udara yang ada di sekitar kolam renang. 

5. Melakukan Etika Batuk dan Bersin yang Benar

etika batuk dan bersin

Etika batuk dan bersin wajib Sobat lakukan meski sedang berada di dalam air. Pasalnya, droplet bisa saja menyebar ke area kolam renang lainnya.

Terutama bila Sobat Ourena sedang berdiri di dekat tangga kolam renang, lantai kolam renang, maupun orang yang berenang di dekat Sobat.  

6. Pilihlah Jam Sepi

Amankah Berenang Saat Pandemi

Menurut dr. Devia, memilih jam berenang yang sepi bisa bantu menurunkan risiko tertular virus corona di kolam renang umum.

Jika biasanya pagi hari adalah waktu paling ramai orang berenang, maka pilihlah waktu di sore harinya. Begitu juga sebaliknya.

Bila Sobat ingin berenang di siang hari, pastikan mencari kolam renang indoor agar kulit tidak langsung terpapar teriknya sinar matahari.

7. Pertimbangkan Lagi Sebelum Membawa Anak Kecil

Amankah Berenang Saat Pandemi

“Sebaiknya jangan dulu bawa anak-anak berenang di kolam renang umum. Pasalnya, anak-anak masih belum bisa 100% patuh dengan aturan yang ada. Kalau memang anak merengek minta berenang, coba siapkan kolam renang balon di rumah dan isi dengan air keran dan bola-bola. Dijamin anak nggak akan ngerengek lagi,” saran dr. Devia. 

Bagaimana Sobat terjawab sudah mengenai amankah berenang saat pandemi ini kan. Sudahkah sobat mempunyai rencana untuk berenang bersama teman-teman atau keluarga? Tetap patuhi protokol kesehatan ya Sobat Ourena agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Share artikel ini ke orang-orang yang Sobat Ourena sayangi.

2 Comments

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap