Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis, Auto Jago!
Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis, Auto Jago!

Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis, Auto Jago!

Daftar Isi

Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis yang Benar

cara melakukan servis bulu tangkis

Bagaimana cara melakukan servis bulu tangkis yang baik dan benar? Sudah Sobat Ourena tahu bagaimana cara melakukannya beserta jenis-jenis servis dalam bulu tangkis? Kali ini Rena akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan servis dalam bulu tangkis dan dijamin bisa jika Sobat Ourena mengikuti semua saran dari Rena di pembahasan kali ini.

Permainan bulu tangkis bukan cuma soal unjuk kecepatan dan adu kelincahan lompat sana-sini. Kalau Sobat ingin menjadi pemain bulu tangkis sekaliber Lin Dan, Lee Chong Wei, hingga Greysia Polii dan Taufik Hidayat, Sobat sekalian perlu menguasai banyak teknik bulu tangkis. Salah satu skill yang penting untuk Sobat miliki adalah servis alias memukul raket untuk menyerang lawan dengan tembakan kok Sobat. 

Langsung saja Sobat Ourena baca penjelasan berikut mengenai jenis servis dalam bulu tangkis terlebih dahulu:

Jenis Servis Dalam Bulu Tangkis

Pada dasarnya terdapat tiga jenis servis dalam permainan bulu tangkis yaitu servis pendek, servis tinggi dan servis setengah tinggi (Flick). Namun biasanya kita lebih mengenalnya dengan servis forehand dan backhand yang merupakan gabungan dari beberapa jenis service tersebut.

Langsung aja simak penjelasan mengenai ketiga jenis servis dalam bulu tangkis:

1. Servis Forehand

cara melakukan servis bulu tangkis

Jenis servis pertama yang Sobat Ourena wajib ketahui yaitu servis forehand, yang terbagi menjadi service forehand pendek dan tinggi. Servis forehand pendek bertujuan untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. Sedangkan servis forehand tinggi lebih sering digunakan dalam permainan tunggal.

Tips Cara Melakukan Servis Forehand Pendek Dalam Bulu Tangkis

  • Pukullah kok dengan ayunan raket yang relatif pendek
  • Di saat perkenaan antara daun raket dengan kok, siku dalam keadaan bengkok untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan
  • Perhatikan peralihan titik berat badan kita.
  • Lakukanlah teknik servis ini berulang kali dengan menggunakan kok untuk melatih tangan agar menghasilkan servis yang berkualitas.

Tips Cara Melakukan Servis Forehand Tinggi Dalam Bulu Tangkis

  • Pukulah bola kok sekuat tenaga agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  • Disaat memukul bola kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.
  • Lakukanlah gerakan ayunan raket ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan dengan sempurna diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis.
  • Berlatihlah secara rutin dan berulang-ulang agar menguasai teknik ini dengan baik dan berkualitas.

Cara Memegang Raket untuk Servis Forehand

Servis Forehand Bulu Tangkis
  • Pegang raket dengan dengan posisi lengan bagian dalam menghadap keluar (menghadap lawan atau menghadap kok). Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok).
  • Genggamlah raket dengan kondisi rileks. Pegang raket dengan tangan kiri seperti menjabat tangan, posisi kepala raket menyamping. Posisikan agar jari tengah, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah dan ibu jari terposisi di antara tiga jari dan telunjuk (membentuk “V”).
  • Bergeraklah dengan cepat sehingga posisi badan berada di depan posisi shuttlecock.
  • Posisikan kaki kiri di depan, sedangkan posisi kaki kanan di belakang segaris lurus dengan posisi shuttlecock.
  • Posisikan badan miring sejajar dengan arah kaki.
  • Pukul shuttlecock sambil posisi bahu diputar ke depan.
  • Posisi gerakan tangan terus ke bawah. 

Cara Melatih Servis Forehand

  1. Lakukan gerakan raket ke arah kanan dan kiri, dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang, sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.
  2. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.
  3. Ayunkanan raket relatif pendek hanya dengan jentikan pergelangan cepat. Ini membuat kok hanya terdorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  4. Kalau sudah lancar, coba tembakkan kok ke tembok.
  5. Lakukan latihan berulang-ulang agar Sobat Ourena semakin jago

2. Servis Backhand

cara melakukan servis bulu tangkis

Servis selanjutnya yaitu servis backhand yang kerap diandalkan sebagai teknik menyerang pada permainan bulu tangkis ganda. Jenis servis ini berguna untuk menjatuhkan kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan, bahkan kalau bisa mendarat melewati sedikit di atas jaring untuk jaminan mencetak skor.

Tips dan cara melakukan servis backhand

  • Letakan kaki kanan berada di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.
  • Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  • Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan dengan irama gerak continue dan harmonis.
  • Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  • Perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.

Cara memegang Raket untuk Servis Backhand

Servis Backhand Bulu Tangkis

Sebenarnya langkah-langkahnya hampir sama dengan forehand. Namun untuk backhand grip, geser ”V” tangan ke arah dalam tubuh. Bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

Setelah itu, posisikan tubuh Sobat dengan sikap kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Buat kedua kaki terbuka selebar pinggul dan lutut sedikit dibengkokkan. Posisi ini menjaga agar titik tumpu berat badan Sobat berada di antara kedua kaki.

Cara Melatih Servis Backhand

  1. Lakukan gerakan raket ke arah kanan dan kiri, dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang, sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.
  2. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.
  3. Ayunkanan raket relatif pendek hanya dengan jentikan pergelangan cepat. Ini membuat kok hanya terdorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  4. Kalau sudah lancar, coba tembakkan kok ke tembok.
  5. Lakukan latihan berulang-ulang agar semakin mantap

3 Servis Smash

cara melakukan servis bulu tangkis

Servis yang terakhir adalah servis smash, yang menurut Rena servis ini adalah servis terbaik untuk mencetak angka.  Yaitu dengan cara menembak kok dengan teknik bulu tangkis yang satu ini bertujuan untuk mengecoh lawan, karena bola kok jatuh cepat dengan kekuatan yang kuat sehingga lawan tidak menyadarinya. Servis ini dilakukan sama seperti servis biasa. Tetapi pukulan dilakukan dengan ayunan pergelangan tangan yang sekencang dan secepat mungkin, seperti gerakan mencambuk.

Rena akan memberikan 2 video penjelasan mengenai cara melakukan smash yang benar dan penjelasan mengenai jumping smash, jadi Sobat Ourena tonton hingga habis ya.

Peraturan Permainan dalam Melakukan Servis Bulu Tangkis

  1. Tinggi daun raket harus berada dibawah pegangan raket pada saat Sobat memukul shuttlecock.
  2. Posisi pada saat perkanaan kok dan raket harus berada di bawah pinggang.
  3. Kondisi kaki kiri harus statis.
  4. Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  5. Ayunan raket, harus dalam satu rangkaian.
  6. Penerima servis bolah bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Melakukan Servis Bulu Tangkis

  1. Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket.
  2. Titik perkenaan kok, kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.
  3. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.
  4. Kaki kiri melakukan langkah.
  5. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.
  6. Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus.
  7. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.

Sekian penjelasan Rena mengenai cara melakukan servis dalam bulu tangkis, dijamin langsung jago deh setelah membaca dan mempraktekan langsung penjelasan Rena di atas.

Jika ada dari Sobat Ourena yang ingin berdiskusi atau menanyakan sesuatu silakan gunakan kolom komentar di bawah ini. Share postingan ini ke orang-orang yang Sobat sayangi.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap