Coffee Shop di Depok, Bike-friendly Buat Santai Saat Gowes!
Coffee Shop di Depok, Bike-friendly Buat Santai Saat Gowes!

Coffee Shop di Depok, Bike-friendly Buat Santai Saat Gowes!

Kalau berbicara tentang coffee shop di Depok, tentu sudah tak terhitung jumlahnya. Perkembangan coffee shop di berbagai kota di Indonesia memang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dirilisnya film ‘Filosofi Kopi’ pada 2015 dan sekuelnya pada 2017, serta booming-nya kopi susu gula aren menjadi dua faktor utama penyebabnya.

Namun tidak semua coffee shop tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang bike-friendly, atau ramah untuk para pesepeda. Menjamurnya tren gowes semenjak pandemi dalam 1 tahun terakhir. Selain seru, bersepeda juga termasuk olahraga untuk menurunkan berat badan. Hal ini membuat pemilik coffee shop mulai mengembangkan kedai mereka agar lebih bike-friendly. Coffee shop yang bike-friendly biasanya menyediakan tempat parkir sepeda, agar sepeda para pengunjung lebih aman dan tidak terjatuh saat diparkir.

Selain itu bike-friendly coffee shop juga memiliki tempat outdoor untuk hang-out atau pun beristirahat sejenak ketika sedang bersepeda. Saat berkeringat setelah bersepeda tentunya tidak baik untuk kesehatan kalau kamu langsung duduk-duduk di tempat berAC.

coffee shop di depok

Source : Unsplash

kunjungi coffee shop di Depok ini saat kamu sedang bersepeda

1. Jacob Koffie Huis

Jacob Koffie Huis adalah sebuah coffee shop yang terletak di Jalan Kemuning, tidak jauh dari Jalan Margonda. Coffee shop ini mempunyai sejarah yang cukup unik. Bangunan yang digunakan oleh Jacob Koffie Huis merupakan bangunan peninggalan Zaman Belanda. Nama Jacob sendiri diambil dari nama pemilik bangunan atau rumah sebelumnya yang juga berkebangsaan Belanda.

H. Th. Laurens “Eigenaar” dan Eugenie Laurens Jacob “Eigenares” adalah pemilik sebelumnya dari rumah yang sekarang telah menjadi Jacob Koffie Huis. Setelah mereka berdua wafat, rumah tersebut diwariskan kepada Arif, owner dari Jacob Koffie Huis sekarang. Awalnya Arif dan keluarga sempat tinggal di rumah tersebut dalam beberapa waktu. Sebelum akhirnya mengubah rumah klasik tersebut menjadi Jacob Koffie Huis seperti sekarang.

Sesuai dengan bangunannya yang merupakan rumah peninggalan zaman belanda, Jacob Koffie Huis mengusung tema #ngopidirumah

Jacob Koffie Huis menyediakan berbagai macam biji kopi baik dari dalam negeri mau pun dari luar negeri. Penyajiannya juga sangat beragam, mulai dari manual brew, americano, capuccino, caffe latte, hingga favorit sejuta umat, kopi susu gula aren (kopi tamu). Kalau kamu tidak suka kopi tidak perlu khawatir, karena minuman yang disediakan juga tidak hanya kopi, mulai dari chocolate, green tea, avocado hingga teh-tehan.

Makanan yang disajikan juga bervariasi, mulai dari cemilan seperti french fries, nachos, hingga dessert (cake, waffle, dll) dan pastry seperti croissant. Selain makanan ringan, Jacob juga menyediakan menu makanan (yang lebih) berat, seperti nasi, pasta, sandwich. Jadi kalau kamu lapar gara-gara capek gowes, bisa banget sekalian makan juga di sini.

2. Kopi Konnichiwa

Kopi Konnichiwa merupakan sebuah franchise coffee shop yang berdiri sejak November 2019. Sesuai namanya, Kopi Konnichiwa merupakan coffee shop yang mengusung tema kedai ala Jepang. Hingga kini, Kopi Konnichiwa sudah memiliki lebih dari 30 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Depok, Bekasi, hingga Surabaya, Padang, dan Medan.

Tahun 2020 kemarin Kopi Konnichiwa sudah membuka 2 gerai di Depok. Gerai pertama terletak di Jalan Margonda Raya sedangkan yang kedua berada di Jalan Sersan Aning, Siliwangi. Kopi Konnichiwa yang terletak di Jalan Siliwangi telah dilengkapi dengan fasilitas yang cocok untuk para pesepeda, yaitu tempat parkir untuk sepeda dan juga tempat duduk outdoor yang nyaman.

Kopi Konnichiwa menyediakan berbagai jenis kopi susu dengan konsep yang unik, seperti Godzilla Latte, Sapporo Latte, dan Java Latte. Jangan khawatir,untuk kamu yang bukan pecinta kopi, Kopi Konnichiwa juga menyediakan berbagai jenis minuman lainnya seperti Matcha Latte, hojicha latte, es cokelat, hingga lemonade.

Selain minuman, Kopi Konnichiwa juga menyediakan berbagai pastry yang cocok untuk dimakan sambil minum kopi.

3. Kopi Brumbun

Kopi Brumbun merupakan coffee shop yang terletak di Jalan Pipa Gas No. 8, Kukusan, sangat dekat dengan kampus Universitas Indonesia. Lokasi Kopi Brumbun berada di halaman Brumbun Futsal. Awalnya lahan tersebut hanya berupa halaman parkir untuk orang-orang sedang futsal saja. Kemudian awal 2020 kemarin, lahan tersebut disulap menjadi sebuah coffee shop.

Kopi Brumbun menyediakan berbagai jenis kopi. Mulai dari kopi susu gula aren, kopi susu flavour (caramel, hazelnut, dan vanilla), hingga manual brew untuk kamu yang lebih suka kopi hitam. Selain kopi, Kopi Brumbun juga menyediakan minuman lainnya seperti teh tarik, teh manis, dan es teh leci.

Makanan yang disediakan di sini juga cocok sekali untuk kamu yang memang lidahnya Indonesia banget. Berbagai macam nasi goreng, mie ayam, dan hingga bakso bisa kamu pesan di sini.

4. Nyambi Ngopi

Nyambi Ngopi adalah salah satu coffee shop di Depok yang recommended. Coffee shoop ini terletak di Jl. Palakali No.01, Kukusan, Kota Depok. Seperti Kopi Brumbun, coffee shop ini juga dekat dengan Universitas Indonesia. Nyambi Ngopi memiliki lahan parkir yang luas untuk memudahkan parkir sepeda kamu.

Nyambi kopi menyediakan menu kopi pada umumnya seperti cappuccino, long black, cafe latte dan lainnya. Ada pula menu special coffee seperti Sproberry, yang merupakan kopi dengan rasa strawberry. Selain kopi, Nyambi Ngopi juga menyediakan cookies dan croissant. Bagi yang ingin maan main course, Nyambi Ngopi memiliki dua menu pasta, yaitu spaghetti bolognese dan fettuccine carbonara

Sistem pesanannya adalah pesan, bayar kemudian ambil pesanan sendiri. Sambil menunggu pesanan, kamu bisa memilih tempat duduk di area indoor atau outdoor. 

5. Walking Drums

Walking Drums berlokasi di Jl. Margonda Raya No.426, Kota Depok. Tempat ini memiliki konsep yang unik dan menarik, yaitu hutan bambu. Walking Drums memiliki banyak pohon sehingga membuat suasana makin nyaman dan teduh. Walking Drums menyediakan are indoor dan outdoor.

Menu yang ditawarkan sangat lengkap dan beragam. Walking Drums memiliki lebih dari 10 varian coffee drinks dan tersedia pulan minuman non-kopi. Cemilan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari cemilan dari kentang, tahu, hingga ayam. Walking Drum juga menyediakan main course berupa masakan Indonesia, Westernrice bowl, salad, dan maish banyak lagi.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap