Tips Bermain Futsal Saat New Normal yang Harus Kamu Ikuti!
Tips Bermain Futsal Saat New Normal yang Harus Kamu Ikuti!

Tips Bermain Futsal Saat New Normal yang Harus Kamu Ikuti!

Mungkinkah Bermain Futsal Saat New normal?

Pandemi Covid-19 tidak seharusnya menjadi hambatan bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya dengan rutin berolahraga. Memasuki era ‘New Normal’ ini, beberapa tempat dan sarana olahraga telah dibuka kembali, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satu sarana olahraga yang telah dibuka adalah lapangan futsal. Tapi, apakah aman untuk bermain futsal saat new normal? Apakah mungkin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat bermain futsal?

Baca Juga: Tips Aman Berolahraga Saat Pandemi

lapangan futsal di jakarta
Source: Unsplash

Berikut adalah beberapa tips protokol kesehatan yang dapat kita lakukan jika ingin bermain futsal saat new normal

1. Pilih Lapangan yang Berada di Luar Ruangan (Outdoor)

futsal saat new normal
Source: Unsplash

Dikutip dari Liputan 6, menurut Profesor David Nieman, ahli kesehatan dari Appalachian State University, Amerika Serikat, berolahraga di luar sebenarnya lebih aman. Lebih lanjut ia menambahkan, menikmati alam bebas, berada di ruangan terbuka sangat baik untuk fisik dan mental. Hal ini tentunya akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, kalau keinginan untuk bermain futsal saat new normal sudah tak tertahankan, pastikan kamu memilih lapangan futsal yang outdoor, ya!

2. Durasi Bermain Cukup 1 Jam

futsal saat new normal
Source: Freepik

Masih menurut Profesor David Nieman, berolahraga selama 30-60 menit dengan intensitas sedang hingga cepat, sudah sangat cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita dalam mencegah virus covid-19. Beliau juga menyarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dimana pun kita berada, kecuali jika kita sedang sakit. Nah, berarti kalau mau booking lapangan futsal saat new normal ini, 1 jam dulu saja, ya teman-teman!

3. Segera Pulang Setelah Bermain

tips ketiga adalah segera pulang setelah selesai
Source: Unsplash

Futsal bukan sekedar kegiatan untuk berolahraga, tetapi juga menjadi ajang untuk bersosialisasi dan bertukar kabar dengan teman-teman yang mungkin tidak akan rutin bertemu kalau tidak ada futsal . Bagi yang suka bermain futsal bersama teman-teman terdekat, tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau setelah selesai bermain biasanya kita tidak langsung pulang, tetapi lanjut untuk nongkrong, makan, atau pun sekedar bercengkrama dengan teman-teman. Hal ini memang menyenangkan, tetapi sebaiknya jangan dilakukan dulu di masa new normal ini. Berada di suatu tempat dengan orang-orang banyak tentunya akan memperbesar peluang kita untuk terpapar virus. Oleh karena itu, segera pulang ke rumah adalah salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko terpapar virus covid-19.

4. Mandi dan Bersih-Bersih di Rumah

Mengapa kita harus mandi dan bersih-bersih di rumah? Bukankah biasanya disediakan tempat bilas dan kamar mandi di tempat futsal?

tips keempat adalah mandi dan bilas di rumah
Source: Unsplash

Menurut hellosehat.com, di masa pandemi ini berbagi penggunaan ruangan untuk mandi dan bilas yang cukup sempit di sebuah sarana olahraga cukup beresiko. Alternatif yang dapat kita lakukan jika tidak nyaman untuk melakukan perjalanan ke rumah dalam keadaan berkeringat, kita dapat mengganti pakaian yang basah oleh keringat dengan pakaian kering sebelum pulang ke rumah, lalu kemudian langsung mandi saat sampai di rumah. Apabila kita tetap tidak nyaman dan ingin segera mandi sebelum pulang, mandi di tempat bilas dapat dilakukan asalkan dengan cepat dan tidak menghabiskan waktu yang terlalu lama. Namun, setelah itu tetap dianjurkan untuk mandi dan bersih-bersih kembali setelah sampai di rumah.

Nah itu tadi beberapa tips untuk kamu semua yang ingin bermain futsal di masa pandemi ini. Selain tips-tips di atas tentunya jangan lupa untuk terus menjalankan standar protokol kesehatan di keseharian kita. Kalau menurut kamu artikel ini berguna, boleh banget di share ke teman-temanmu sesama anak futsal, ya!

Jadi, bagaimana? Sudah siap untuk mengajak teman-temanmu untuk bermain futsal lagi?

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap