15 Istilah dalam Bulu Tangkis. Ada Andalan Kevin Sanjaya!
15 Istilah dalam Bulu Tangkis. Ada Andalan Kevin Sanjaya!

15 Istilah dalam Bulu Tangkis. Ada Andalan Kevin Sanjaya!

Sobat Ourena pernah ga sih lagi asik-asik nonton pertandingan bulu tangkis trus ga ngerti sama istilah dalam bulu tangkis yang dilontarkan komentator saat pertandingan?

Padahal olahraga bulu tangkis sudah tidak asing lagi di Indonesia, bahkan banyak penggemar bulu tangkis berasal dari Indonesia. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa banyak yang gemar bermain bulu tangkis. Dari sekedar hobi sampai atlet juara dunia juga banyak yang berasal dari Indonesia seperti Susi Susanti, Taufik Hidayat, Lilyana Natsir, dan Kevin Sanjaya.

Biar kamu ga kebingungan lagi waktu denger komentator ngomong istilah dalam bulu tangkis, mending langsung deh baca artikel dibawah ini. Salah satu tekniknya jadi andalan pemain ganda putra nomor satu dunia yaitu Kevin Sanjaya

Yuk, simak istilah dalam bulu tangkis yang wajib kamu tahu.

1. Forehand

Forehand adalah pukulan yang diluncurkan dengan posisi memegang raket dimana bagian punggung tangan mengarah ke belakang. Posisi forehand merupakan posisi memegang raket paling umum. Teknik ini sangat penting sebagai dasar bermain buku tangkis.

Cara memegang raket dengan posisi forehand adalah sebagai berikut:

  • Genggam raket pada bagian bawah dimana terdapat karet raket.
  • Letakkan ibu jari dan jari telunjuk sehingga membentuk huruf V.

2. Backhand

Backhand bertolak belakang dengan forehand. Backhand adalah pukulan yang diluncurkan dengan posisi punggung tangan menghadap ke depan saat menggenggam raket. Teknik ini biasa digunakan saat shuttlekock mengarah ke sisi kiri tubuh pemain. Selain itu beberapa teknik dalam permainan bulu tangkis banyak yang dilakukan dengan posisi backhand, seperti netting dan flick serve.

Cara memegang raket dengan posisi forehand adalah sebagai berikut:

  • Genggam raket pada bagian bawah dimana terdapat karet raket dengan menggunakan 4 jari yaitu jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.
  • Letakkan ibu jari pada satu sisi dan pada sisi yang berlawanan letakkan ketiga jari lainnya.

Simak yuk gambar dibawah ini biar makin mengerti perbedaan antara forehand dan backhand.

Source : Badminton Information

3. Lob

Lob adalah teknik pukulan yang menghasilkan shuttlekock melambung. Lob dapat menjadi strategi pemain untuk menyerang atau bertahan. Saat digunakan untuk bertahan, dapat memberi waktu pemain untuk memperbaiki posisinya sementara lawan mengejar shuttlekock ke belakang. Namun bila digunakan untuk menyerang, maka ditujukan untuk memojokkan lawan ke sudut lapangan.

4. Smash

Smash merupakan salah satu teknik pukulan yang menjadi jurus pamungkas dari para pemain bulu tangkis untuk memperolah poin dalam pertandingan bulu tangkis. Smash berarti pukulan dengan tenaga penuh sehingga shuttlekock menukik tajam ke arah lawan main. Pada dasarnya teknik pukulan smash ini sama dengan teknik pukulan Lob, namun yang membedakan hanya pada tenaga yang dikeluarkan saat memukul shuttlekock.

5. Service

Service adalah pukulan pertama dalam setiap pertandingan bulu tangkis atau setiap awal poin. Terdapat beberapa jenis service yaitu low service, drive service, flick service, dan long service. Berbedaan dari setiap jenis service adalah berdasarkan ketinggian dan sasaran arah yang dituju.

Low Serve

Low Serve atau Service Rendah adalah apabila shuttlecock dilemparkan dengan ketinggian sedikit diatas net. Tujuan penempatan dari Low Serve adalah area depan sampai area tengah lapangan.

Flick Serve

Flick Serve sering juga disebut Servis Cambukan. Teknik service ini sering digunakan oleh Kevin Sanjaya dalam mengecoh lawan. Bagaimana tidak, teknik service ini terlihat seperti melakukan service pada umumnya, namun dilemparkan dengan tenaga yang kuat sehingga shuttlecock dapat menjangkau area belakang lapangan.

Tonton yuk kompilasi video flick serve yang dilakukan sama Kevin Sanjaya yang sering buat lawan geram.

Drive Serve

Drive Serve atau Service Mendatar ini mirip dengan Low Serve karena shuttlekock diarahkan setipis mungkin dengan net. Berbeda dengan Low Serve yang mengarah ke depan lapangan, drive serve lebih diarahkan pada area tengah hingga area belakang lapangan.

High Serve

Biasa disebut dengan Service Tinggi, High Serve merupakan teknik service yang paling umum. Pada teknik service ini, shuttlekock diarahkan sejauh mungkin dari net atau ke area belakang lapangan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan posisi forehand.

Biar bingung perbedaan antara teknik service diatas, coba deh simak gambar berikut.

istilah dalam bulu tangkis
Source : BG Badminton

6. Netting

Netting adalah teknik pukulan ringan dan akurat dengan tujuan agar shuttlekock jatuh sedekat mungkin dengan net. Saat melakukan netting pemain harus mengunakan konsentrasi penuh dan prediksi yang tepat sehingga mengeluarkan tenaga yang tepat dan net jatuh diposisi yang ditargetkan. Karena tidak jarang teknik netting gagal dilakukan dan jatuh pada area pemain itu sendiri. Pada pertandingan pertandingan bulu tangkis dunia sering kali terjadi rally netting yang panjang dan menegangkan.

7. Drop Shot

Drop Shot juga merupakan salah satu pukukan andalan para pemain bulu tangkis. Berbeda dengan smash, drop shot dilakukan dengan tenaga ringan dengan shuttlekock menukik seakan shuttlekock jatuh. Dropshot yang baik adalah jika shuttlekock jatuh pada area dekat net dan tidak melebihi garis ganda. Seringkali dropshot dilakukan dengan gerakan menipu sehingga dapat mengecoh lawan.

8. Overhead

Overhead merupakan pukulan tinggi yang dilepaskan dengan posisi raket berada diatas kepala pemain.

9. Drive

Teknik pukulan lain adalah drive yang merupakan teknik pukulan cepat yang diarahkan sejajar dengan kepala. Teknik drive sering digunakan apabila pemain tidak mendapatkan posisi shuttlekock yang tinggi atau digunakan untuk mempercepat tempo permainan sehingga dapat mengacaukan posisi lawan dan memenangkan poin pada pertandingan. Teknik drive merupakan salah satu teknik pukulan yang sulit dalam permainan bulu tangkis.

Baca juga : Rumah Para Atlet, 5 Klub Bulu Tangkis Terbaik di Indonesia

10. Rally

Rally adalah permainan bulu tangkis dimulai dari service sampai shuttlekock jatuh sehingga pemain mendapatkan poin. Seringkali dalam pertandingan bulu tangkis dunia terdapat rally-rally panjang antara pemain yang seimbang. Dilansir dari olahragapedia, rekor rally terpanjang terjadi pada pertandingan ganda putri Denmark Open tahun 2015 antara Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Jepang) melawan Poon Lok Yan/Tse Ying Suet (China Taipe) yaitu sebanyak 256 pukulan dalam waktu 4 menit 32 detik.

Mau lihat rally-rally keren dari beberapa atlet bulu tangkis dunia? Yuk tonton video berikut.

11. Service Over

Istilah Service Over juga sering kita dengar dilontarkan oleh wasit dalam pertandingan bulu tangkis. Service over merupakan kondisi dimana pemain gagal melakukan service, sehingga pemain lawan mendapatkan poin dan berhak melakukan service untuk memulai permainan berikutnya.

12. Net Clear

Net clear merupakan pukulan melambung jauh atau pukulan lob yang ditujukan untuk mengakhiri permainan netting.

13. Net Drop

Lawannya dari net clear ada net drop yaitu pukulan ringan yang diarahkan ke depan net lawan biasanya ditujukan untuk mengecoh lawan atau memulai permainan netting.

Baca juga : WAJIB TAHU! 5 Teknik Dasar Bola Basket Beserta Video Tutorialnya

14. Rubber Game

Rubber game merupakan set permainan ketiga dalam pertandingan bulu tangkis. Biasanya rubber game dibutuhkan apabila kedudukan skor seri sehingga dibutuhkan rubber game sebagai set permainan penentuan.

15. Game Point

Game Point adalah istilah untuk angka atau point yang menjadi penentu kemenangan suatu permainan.

Setelah membaca artikel ini pasti kamu udah ga akan bingung lagi saat denger istilah bulu tangkis di pertandingan bulu tangkis. Coba share deh ke temen kalian yang juga suka kebingungan waktu dengerin komentator bulu tangkis.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap