Rumah Para Atlet, 5 Klub Bulu Tangkis Terbaik di Indonesia
Rumah Para Atlet, 5 Klub Bulu Tangkis Terbaik di Indonesia

Rumah Para Atlet, 5 Klub Bulu Tangkis Terbaik di Indonesia

Peran klub bulu tangkis sangatlah besar dalam mencetak atlet-atlet bulu tangkis berprestasi. Atlet-atlet seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Jonathan Christie, Lilyana Natsir, dan Anthony Sinisuka Ginting yang namanya sering menjadi pemenanang dalam turnamen dunia, merupakan beberapa jebolan dari klub bulu tangkis terbaik di Indonesia. Berikut 5 klub bulu tangkis terbaik di Indonesia versi Ourenasport.

5 Klub Bulu Tangkis Terbaik di Indonesia

1. PB Djarum

PB Djarum berdomisili di Kudus, Jawa Tengah ini telah didirikan dari tahun 1974 dan merupakan club terbaik andalan Indonesia dalam mencetak atlet bulu tangkis berprestasi. Beberapa atlet nasional yang berasal dari klub PB Djarum adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo, Muhammad Ahsan, Tantowi Ahmad, dan pemain legenda Indonesia yaitu Liem Swie King.

PB Djarum juga membuka program beasiswa setiap tahunnya untuk para atlet muda berbakat Indonesia. Untuk mempersiapkan atlet binaannya bertanding di turnamen-turnamen bulutangkis Nasional maupun Internasional, PB Djarum setiap tahunnya menyelenggarakan Liga PB Djarum. Yuk simak keseruan dari Final Liga PB Djarum 2020 pada video berikut

2. PB Jaya Raya

klub bulu tangkis terbaik

Klub berikutnya adalah PB Jaya Raya. Terinspirasi dari kemenangan Budi Hartono dalam kejuaraan All England, Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Jaya Raya menjadi klub bulu tangkis di Jakarta yang didirikan pada tahun 1975. Pada pertama didirikan, Hall A GOR Kuningan, Jakarta Selatan menjadi tempat latihan bagi atlet binaan PB Jaya Raya. Namun seiring berjalannya waktu, pusat latihan PB Jaya Raya berpindah ke Komplek Sekolah Atlet Ragunan, Jakarta Selatan. Adapun atlet-atlet yang berasal dari PB Jaya Raya adalah Marcus Fernaldi Gideon, Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan, dan Greysia Polii.

3. PB Tangkas

Jonathan Christie, atlet tunggal putra Indonesia yang namanya melambung setelah ajang SEA Games 2019 merupakan jebolan klub bulu tangkis PB Tangkas Jakarta. PB Tangkas didirikan pada 21 Februari 1951 telah melahirkan 10 atlet juara dunia seperti Icuk Sugiarto, Lilyana Natsir, Tantowi Ahmad, dan Jonathan Christie. Dilansir dari kompas.com, atlet dari PB Tangkas juga telah menghasilkan 4 meladi Olimpiade yaitu Medali perunggu diperoleh Hendrawan Susanto di Olimpiade Barcelona 1992, medali emas di Olimpiade Atlanta 1996 oleh ganda putra Ricky/Rexy, dan 2 medali perak disumbangkan oleh Hendrawan di Olimpiade Sydney 2000 dan Nova Widianto/Lilyana Natsir di Olimpiade Beijing 2008.

Baca Juga : Lapangan Golf Terbaik di Jakarta. Recommended !

4. SGS PLN Bandung

klub bulu tangkis terbaik

Sangkuriang Graha Sarana (SGS) PLN Bandung merupakan klub binaan PLN yang didirikan sejak tahun 1987. Atlet peraih emas olimpiade tahun 2004 Taufik Hidayat merupakan salah satu atlet binaan klub ini. Selain Taufik Hidayat, Anthony Sinisuka Ginting, dan Fajar Alfian juga merupakan atlet jebolan klub bulu tangkis asal kota kembang ini. Pusat pelatihan SGS PLN Bandung terdapat di Bandung dan Taufik Hidayat Arena Jakarta.

5. PB Exist

PB Exist merupakan klub bulu tangkis yang terkenal merajai turnamen nasional. Menurut ecochannelfeunj, GOR PB Exist dengan luas 2.600 meter persegi dan memiliki fasilitas berupa 7 lapangan, asrama, ruang belajar, perpustakaan, tempat fitnes, ruang video, dan gedung multifungsi. Atlet yang berasal dari PB Exist diantaranya adalah Fitriani, Prsikila Siahaya, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Felix Eka.

Selain 5 klub yang sudah Ourenasport sebutkan di atas, masih banyak club Indonesia yang juga mencetak atlet-atlet berbakat lainnya. Mari kita dukung klub bulu tangkis dan atlet Indonesia agar semakin maju dan dapat terus mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap