31 Makanan Untuk Diet Yang Enak dan Wajib Diketahui!
31 Makanan Untuk Diet Yang Enak dan Wajib Diketahui!

31 Makanan Untuk Diet Yang Enak dan Wajib Diketahui!

Makanan untuk diet – Diet, banyak dari kita yang ingin memulainya ‘besok’ namun keinginan sekedar hayalan saja. Mengapa? Karena banyak sekali yang menjadi hambatan kita saat diet salah satunya dan mungkin yang paling utama adalah makanan untuk diet yang kebanyakan tidak mengugah selera.

Memang untuk memulai diet kita harus memiliki niat dan keinginan kuat agar diet bisa berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang memuaskan. Alasan utamanya tentu tubuh yang ideal, Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal? Semua orang pasti sangat ingin memiliki tubuh yang ideal pastinya.

Tidak hanya itu, kesehatan tubuh juga akan meningkat drastis apabila kita melakukan diet dengan benar. Hal ini juga akan berdampak secara langsung kepada pola pikir dan produktivitas kita. Orang yang menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan pasti akan lebih produktif dan memiliki pikiran yang jernih.

Karenanya, jika ingin memulai diet kita harus menyiapkan strategi dan yang paling utama adalah makanan untuk diet. Makanan apa saja yang mungkin bisa masuk ke tubuh kita namun tidak akan menghancurkan tujuan kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kali ini kita akan membahas bersama berbagai jenis makanan untuk diet yang bisa kalian masukan ke dalam daftar perjuangan diet sehat kalian semua. Apa aja ya kira – kira? Mari kita bahas bersama.

A. Sumber Karbohidrat dan Serat Terbaik Untuk Diet!

1. Quinoa

Salah satu sumber karbohidrat yang cocok menemani diet adalah quinoa. Kebanyakan orang mungkin masih asing dengan quinoa. Berbeda dari jenis makanan penganti lain seperti oats dan gandum yang mengandung gluten, quinoa tidak mengandung gluten.

quinoa
Source: wolipop.detik

Kadar karbohidrat quinoa juga lebih rendah dibandingkan nasi yang biasa di konsumsi. Sebaliknya, quinoa juga mengandung protein yang jauh lebih tinggi sehingga sangat baik untuk memenuhi asupan protein tubuh.

Dengan kandungan karbohidrat yang rendah quinoa sangat cocok untuk menemani diet kalian. Sudah banyak cara dan resep untuk mengolah quinoa agar menjadi makanan untuk diet yang enak saat ini. Selamat mencoba!

2. Oatmeal

Yang satu ini sudah sangat tidak asing bagi mereka para pecandu gaya hidup sehat. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memang sangat cocok untuk menemani diet kalian sehari – hari. Kandungan Serat dalam oatmeal dapat membuat kalian kenyang lebih lama, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

oatmeal
Source: hellosehat

Selain itu, Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat kalian tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas. Oatmeal juga tidak mengandung gula atau pemanis yang tinggi dan kandungan dari kalorinya juga sangat rendah. Karenanya, oatmeal memang sangat cocok menjadi makanan untuk diet kalian semua nih.

3. Nasi merah atau Beras Merah

Nasi merah terkenal dengan kandungan serat yang amat tinggi, jauh lebih tinggi dari pada nasi biasa atau nasi putih. Selain itu, kandungan karbohidrat pada nasi merah juga sangat kompleks sehingga cocok sekali menjadi peneman diet kalian.

sumber karbohidrat
Source: food.detik

Selain itu, Kandungan serat yang tinggi ini bisa membantu kalian untuk mengontrol kadar gula darah juga. Karenanya, beras merah tidak hanya cocok sebai makanan untuk diet melainkan juga sangat cocok untuk membantu penderita diabetes untuk menekan kadar gula dalam darahnya.

4. Gandum Utuh

Gandum utuh diketahui mengandung serat cukup tinggi. Serat ini membantu kalian kenyang lebih lama. Alhasil, keinginan kalian untuk makan di luar jadwal bisa ditekan.

 gandum utuh
Source: hellosehat

Dari salah satu penelitian yang dilakukan di Penn State University menunjukan bahwa gandum utuh juga membantu menghilangkan kelebihan lemak. Hasilnya juga menunjukan bahwa gandum utuh memang sangat cocok untuk menjadi makanan pengganti nasi untuk kalian yang ingin memulai diet.

5. Roti Gandum

Dari namanya memang sudah sangat familiar di dengar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Roti gandum merupakan salah satu makanan pengganti karbohidrat yang sangat kaya akan serat dan nutrisi. Makanan ini biasanya di konsumsi saat sarapan di pagi hari sebagai pengganti roti tawar putih.

roti gandum
Source: klikdokter

Selain itu, roti gandum diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, antioksidan, mineral, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Kelebihan lainnya, roti ini memang kaya sekali akan berbagai manfaat, roti gandum juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung. Nah, selain cocok untuk menemani diet kalian roti gandum juga ternyata memiliki berbagai manfaat juga kan! Selamat mencoba!

6. Singkong

Chairul Tanjung, siapa yang tidak kenal dengan beliau seorang pebisnis kelas kakap di negara kita ini. Ternyata pada masa kecilnya Chairul Tanjung menjadikan singkong sebagai makanan pokok penganti nasi.

 singkong
Source: klikdokter

Singkong memang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Bila kalian ingin mengganti nasi dengan singkong, kalian cukup mengukus singkong di kompor hingga dagingnya empuk.

7. Ubi

Mirip dengan singkong, ubi juga bisa jadi makanan alternatif pengganti nasi. Ubi juga cukup popular di Indonesia dan mudah ditemukan dimana saja.

Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sama dengan singkong yaitu satu ubi jalar yang berukurang sedang memiliki kandungan 100 gram kalori, vitamin A, dan juga 25 gram karbohidrat yang bisa membantu diet harianmu. 

B. Sayuran Pendukung Program Diet

8. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat bisa membantu dalam program diet kalian. Dalam 100 gram bayam mengandung hanya 26 kalori, sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah besar tanpa mempengaruhi berat badan Kalian.

bayam
Source: klikdokter

Selain itu, bayam juga mengandung Vitamin B dan magnesium yang membantu mempercepat metabolisme. Proses metabolisme tubuh yang cepat akan menyebabkan peleburan timbunan lemak. Ditambah lagi  dnegan kandungan serat yang sangat baik untuk untuk membantu program diet kalian.

9. Kentang

Kalau sayuran yang satu pasti sudah banyak diketahui dan di gemari oleh banyak orang. Salah satu  hasil olahan yang saat ini sangat popular adalah kentang goreng. Kentang goreng biasa di nikmati sebagi cemilan.

 kentang
Source: hellosehat

Namun, untuk tujuan diet kentang lebih baik direbus. Kentang yang dimasak dengan cara di rebus diketahui dapat menghilangkan kandungan lemak yang ada di dalamnya. Dengan makan kentang rebus, kalian bisa mendapatkan rasa kenyang lebih lama.

10. Jamur

Jamur memiliki kandungan gizi yang baik, seperti tinggi serat dan rendah natrium, lemak, juga kolesterol. Tentu saja jamur sangat baik untuk membantu kelancaran program diet yang kalian jalankan.

jamur untuk diet
Source: hellosehat

Selain itu, jamur juga punya kandungan antioksidan yang tinggi. Karena kandungan seratnya yang tinggi, diet dengan jamur dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Bisa di coba juga ya untuk referensi diet!

11. Sawi Putih

Sawi putih memiliki banyak zat anti oksidan dan anti inflamasi yang mampu melindungi tubuh kita untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

sawi putih untuk diet
Source: grid.id

Selain itu, sayuran ini juga mengandung banyak kalsium, magnesium, kalium, vitamin K, vitamin A, dan vitamin C yang bagus untuk menjadi nutrisi bagi tubuh. Nah, sawi juga sangat cocok untuk menjadi salah satu sayuran pendamping diet sehat kalian nih. Banyak sekali contoh olahan sawi seperti capcay dan kimchi yang enak dinikmati sebagai makanan untuk diet.

12. Wortel

Kandungan serat dalam wortel sangat baik untuk membantu die kalian nih. Wortel sangat kaya akan serat dan serat ini akan membantu kalian untuk merasa kenyang lebih lama.

makanan untuk diet wortel
Source: kesehatan.kontan

Wortel juga banyak memiliki khasiat lain seperti meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Sangat bisa di masukan kedalam daftar sayuran pilihan untuk diet kalian.

13. Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat dan sangat bisa untuk menjadi sayuran untuk membantu program diet kalian nih. Sayuran ini sering dikonsumsi banyak orang yang sedang diet karena mengandung karbohidrat kompleks.

Brokoli sangat cocok dijadikan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dimasukan ke dalam daftar nih!

14. Selada

Terakhir ada selada, selada merupakan salah satu sayuran yang cocok untuk program diet. Mengapa? Selada adalah sayur yang memiliki kalori dan karbohidrat sangat rendah.

selada untuk diet
Source: orami

Selain itu, Selada juga diperkaya dengan banyak nutrisi seperti kalium, folat, zat besi, kalsium, serat, dan vitamin. Yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh. Masuk ya dalam daftar makanan untuk diet!

C. Buah – Buahan Yang Baik Untuk Di Konsumsi Saat Diet

15. Apel

Buah yang satu ini selain enak ternyata juga sangat cocok untuk membantu kelangsungan diet kalian loh. Apel kaya akan serat dan baik untuk menjadi cemilan malam kalian disaat diet.

apel untuk diet
Source: Unsplash

Cara yang paling baik untuk mengkonsumsi apel adalah dengan memakan apel segar secara langsung. Olahan seperti jus dan lain sebagainya bisa dimasukan dalam menu. Namun, apel segar dalam bentuk buah akan lebih bisa membantu kalian agar merasa lebih kenyang.

16. Mangga

Mangga adalah salah satu jenis makanan karbohidrat lainnya yang tak kalah baik untuk tubuh. Buah mangga mengandung 25 gram karbohidrat dengan 100 gram kalori, dan sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian kalian.

makanan untuk diet mangga
Source: Unsplash

Ditambah lagi, buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa masuk dalam daftar cemilan sehat ya!

17. Pisang

Selain apel dan mangga ada satu buah primadona diet dan sumber tenaga untuk para pecinta olahraga yaitu buah pisang. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung 100 kalori dan 26 gram karbohidrat sehat.

pisang untuk diet
Source: Unsplash

Tentu saja pisang juga mengandung serat yang dapat membantu kalian dalam program diet. Pisang juga merupakan salah satu makanan untuk diet atau buah yang baik dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas berolahraga. Buah pisang merupakan sumber tenaga yang cocok untuk membantu kalian menjalani diet.

18. Alpukat

Buah alpukat cukup unik dibandingkan dengan buah pada umumnya. Alpukat mengandung lebih banyak lemak sehat daripada karbohidrat. Alpukat bisa menjadi pilihan sumber lemak sehat yang tinggi serat dan air.

makanan untuk diet alpukat
Source: Unsplash

Selain itu, menurut studi yang dikemukakan oleh Nutrition Journal. Orang yang mengonsumsi 1/2 buah alpukat saat makan siang, akan merasa kurang berkeinginan untuk makan lagi sesudahnya hingga 40%. Wah masuk dalam daftar pastinya buah yang satu ini ya!

19. Jeruk Bali Merah

Jeruk ini juga merupakan salah satu buah yang cocok untuk menemani diet kalian. Buah yang satu ini adalah buah yang memiliki kadar kalori dan gula terhitung rendah.

Jeruk yang satu ini memiliki kandungan enzim bernama protein kinase aktif. Enzim ini membantu tubuh kalian mengolah gula dan lemak sehingga proses metabolisme pun lebih cepat. Karena proses metabolisme yang lancar, kalian pun akan semakin mudah menurunkan berat badan.

20. Buah Bit

Yang satu ini memiliki beragam keunggulan unik yang bisa membantu kalian untuk sukses dalam diet. Buah bit adalah salah satu buah yang aya akan antioksidan seperti antosianin, betain dan lutein. Tiga buah bit memiliki 100 kalori, 23 gram karbohidrat, 7 gram serat, dan 800 miligram kalium.

Selain itu buah bit juga sangat cocok untuk membantu kalian menambah tenaga sebelum berolahraga. Kandungan nitrat dalam buah bit memilki khasiat untuk meningkatkan  performa fisik, terutama pada kegiatan yang bersifat atletik. Ini menjadi alasan kenapa bit sering dikonsumsi oleh para atlet. Masuk daftar ya!

D. Sumber Protein Pilihan Saat Menjalankan Program Diet

21. Kacang Kedelai

Kangan kedelai meruapakan salah satu jenis kacang yang cocok untuk menemani diet kalian. Jika kalian sedang menerapkan diet vegetarian, kalian bisa mengonsumsi kacang kedelai sebagai pengganti protein harian yang perlu dikonsumsi.

kacang kedelai untuk diet
Source: tribunnews

Kacang kedelai mengandung kalsium dan kaya akan protein. Dengan banyak memakan kacang kedelai, lambung juga akan terasa lebih penuh dan kenyang lebih lama. 

22. Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan merupakan salah satu makanan untuk diet yang kaya akan serat, protein dan lemak sehat. Namun, kacang mengandung banyak kalori karenanya konsumsinya juga harus diperhatikan agar tepat sesuai porsi.

Banyak jenis kacangan yang cocokuntuk menemani diet kamu. Beberapa contoh kacang yang bisa membantu diet adalah kacang almond, pistachio, kenari, brazil, mete, tanah dan lain sebagainya. Cocok ya buat membantu kesuksesan diet kalian!

23. Daging Ayam

Ayam mengandung protein tinggi (satu porsi ayam untuk 27 gram), rendah lemak dan mengandung vitamin dan mineral (seperti Vit. B6, selenium, niasin dan fosfor). Daging ayam yang tentu saja disajikan dengan tepat bisa menjadi salah satu sumber protein untuk menemani diet kalian.

daging ayam makanan untuk diet
Source: Unsplash

Bagian dada ayam menjadi salahs atu bagian premium untuk membantu diet karena paling kaya dengan protein dan rendah lemak. Jika bisa, jangan masukan kulit ayam karen akulit ayam mengandung lemak jahat yang sangat bisa mempengaruhi diet kalian.

Daging ayam sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan dan membangun tubuh yang lebih sehat dan bugar. Masuk daftar ya!

24. Daging Sapi Rendah Lemak

Selain daging ayam, daging sapi rendah lemak juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu diet kalian. Salah satu ciri utama daging sapi rendah lemak adalah dikitnya garis putih atau marbling pada daging, maka semakin rendah pula kandungan lemaknya.

Karenanya untuk kalian yang ingin memilih daging sapi, pilihlah daging sapi yang memiliki garis putih yang sedikit. Bisa banget ya jadi salahsatu alternatif sumber protein untuk membantu kesuksesan diet kalian.

25. Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang kaya akan protein yang hebat dan juga asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini mempengaruhi kondisi lemak dalam tubuh dengan menurunkan persentasenya. Protein juga sulit dicerna dan karenanya bisa membantu kalian merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga membuat kalian makan lebih sedikit.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga membantu mengurangi berat badan, memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan metabolism tubuh juga mengurangi deposisi lemak dengan meningkatkan oksidasi asam lemak.

26. Ikan Tuna

Tuna biasanya banyak disajikan dalam kaleng, tak masalah dagingnya tetap baik untuk dikonsumsi. Tuna kaya akan asam lemak omega-3, EPA, dan DHA. Ikan ini juga merupakan sumber protein yang baik, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin A, asam folat, niasin dan vitamin B 12.

Tuna juga mengandung selenium yang merupakan nutrisi untuk meningkatkan tiroid dan membantu kalian membakar lebih banyak lemak. Bisa nih masuk daftar makanan diet kalian!

27. Telur

Telur merupakan salah satu makanan untuk diet yang sangat terkenal sudah sejak lama. Diet telur dijalani banyak orang yang mau menurunkan berat badan. Kuncinya ada pada konsumsi putih telur dalam jumlah yang tepat.

telur sebagai sumber protein makanan untuk diet
Source: health.kompas

Telur biasanya dikonsumsi dengan cara di rebus. Kandungan protein yang kaya dalam putih telur dapat membantu kalian untuk lebih kenyang. Telur rebus terbukti pas sebagai sarapan untuk orang diet menurunkan berat badan.

E. Jenis Minyak Sehat Untuk Mendukung Program Diet

28. Minyak Kelapa

Yang pertama adalah minyak kelapa, minyak kelapa ternyata juga dapat membantu kalian dalam proses diet. Minyak kelapa dapat membantu kalian dalam menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan.

minyak kelapa sebagai salah satu makanan untuk diet
Source: hellosehat

Dengan mengkonsumsi 15-30 gram (1-2 sendok makan) asam lemak rantai sedang yang ada dalam minyak kelapa per hari, dapat meningkatkan pemakaian energi sebesar 5% atau sekitar 120 kalori per hari. Nah dari sini, tubuh kalian akan lebih banyak membakar energi dan secara alami membantu proses diet.

29. Minyak Zaitun

Selanjutnya ada minyak zaitun, minyak ini merupakan salah satu jenis alternatif luar biasa untuk diet. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas.

minyak zaitun sebagai pembantu makanan untuk diet
Source: cewekbanget.id

Selain itu, minyak zaitun juga bisa mengurangi rasa lapar, keinginan untuk makan banyak, rendah lemak dan kolestrol, serta bisa membantu mencerna makanan lebih baik. Yang harus diperhatikan adalah pastikan untuk memakai minyak zaitun yang murni (extra virgin olive oil) dan di konsumsi tidak lebih dari 5 sendok makan.

F. Olahan Susu Sebagai Pelengkap Diet

30. Yogurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang di fermentasi oleh bakteri penghasil asam laktat. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti protein, lemak, gula, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

olahan susu yoghurt sebagai makanan untuk diet
Source: alodokter

Salah satu fungsi dari jenis makanan probiotik ini adalah untuk mendukung program diet. Probiotik dalam yoghurt dapat melepaskan hormon penurun nafsu makan, membuat kalian merasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori dan lemak serta memangkas jaringan lemak berlebih di dalam tubuh.

31. Keju

Keju bisa jadi salah satu kalianlan untuk diet kalian. Makanan ini memberikan efek kenyang lebih lama, sebab komposisinya yang kompleks membuat keju sulit dicerna.

keju untuk diet
Source: Unsplash

Selain itu, persentase lemak jenuh dari keju juga rendah, sehingga baik untuk jantung. Mangkonsumsi keju tidak meningkatkan kolesterol dan dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Selamat mencoba!

Banyak sekali makanan untuk diet yang bisa kalian konsumsi untuk membantu diet kalian agar lebih baik dan maksimal. Mudah – mudahan artikel diatas bisa menjadi referensi yang baik untuk berbagai jenis makanan untuk diet.

Jadi, kapan kiranya kalian akan mulai untuk diet nih? Tulis di kolom komentar ya! Dan jangan lupa share ke teman, kerabat dan rekan sejawat yang kiranya butuh banget di ingetin dan lagi nyari informasi seputar makanan untuk diet. Terimakasih dan semoga membantu!

Baca Juga: 13 Manfaat Lari Pagi Yang Jarang Orang Tau Beserta Tips Agar Selalu Konsisten!

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap