9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Untuk Workout Maksimal
9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Untuk Workout Maksimal

9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Untuk Workout Maksimal

Sobat Ourena tahu ga manfaat pemanasan sebelum olahraga itu banyak banget loh! Karena ternyata pemanasan sebelum olahraga merupakan salah satu faktor penting biar olahraga kita jadi maksimal. Tapi masih banyak banget nih yang belum tahu akan pentingnya pemanasan sebelum olahraga.

Pernah ga kalau habis olahraga badan terasa sakit dan pegal-pegal? Apalagi kalau sudah lama tidak berolahraga, badan pasti langsung sakit semua. Nah yang kayak begini nih bikin kita yang baru mau mulai rutin olahraga jadi kapok!

Nah itu salah satu contoh akibat tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga. Sakit dan pegal setelah olahraga itu hal biasa, tapi kamu bisa meminimalisirnya dengan cara pemanasan sebelum olahraga. Biar ga semakin penasaran, mendingan langsung dibaca yuk manfaat pemanasan sebelum olahraga berikut.

9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Menguransi Resiko Cedera

Salah satu resiko terbesar dalam olahraga adalah terjadinya cedera. Salah satu penyebab terjadinya cedera adalah otot kurang siap atau kurang panas. Walaupun cedera saat olahraga tidak dapat kita hindari, namun cedera saat olahraga dapat diminimalisir dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Pemanasan sebelum olahraga dapat membantu pemasokan nutrisi ke otot seperti darah yang kaya akan oksigen. Otot yang mendapatkan nutrisi yang banyak dapat menjadikan otot bekerja dengan lebih efisien sehingga mempercepat proses penginan otot dan mengurangi pemanasan berlebihan pada otot saat melakukan olahraga. Dengan demikian, dapat mengurangi resiko terjadinya cedera saat olahraga.

Namun apabila kamu sudah melakukan pemanasan namun masih mengalami cedera, segera lakukan pertolongan pertama dengan metode R.I.C.E yaitu Rest (istirahat), Ice (kompres dengan es, Compression (balut area cedera dengan perban, dan Elevation (angkat bagian tubuh yang cedera pada posisi lebih tinggi dari jantung). Jika gejala yang dialami cukup parah, segeralah pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

2. Menstabilkan Detak Jantung

Saat sedang olahraga pernah merasa jantung jadi berdetak lebih cepat tidak? Pasti Sobat Ourena pernah mersakannya ya, apalagi saat kita sedang olahraga dengan intensitas yang tinggi.

Dilansir dari KlikDokter, Jantung yang berdetak cepat disebabkan karena meningkatnya metabolisme tubuh saat kita olahraga sehingga jantung bekerja lebih cepat untuk memenuhi pasokan oksigen pada otot tubuh. Sebenarnya kondisi ini merupakan kondisi yang normal saat kita berolahraga. Namun beberapa orang merasa tidak nyaman dan jika tidak bisa mengatur napas dengan tepat dapat menyebabkan sesak napas.

Pemanasan sebelum olahraga akan membantu mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke otot sehingga membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan tekanan darah lebih konsisten sehingga kenaikan detak jantung menjadi lebih stabil.

3. Meningkatkan Stamina

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang berikutnya adalah dapat meningkatkan stamina. Saat melakukan olahraga ototmatis banyak energi tubuh kita yang terbakar, hal terssebut dapat menimbulkan kelelahan.

Pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga dapat memperlambat kelelahan saat berolahraga. Pemanasan membuat aliran oksigen dalam darah mengalir lebih optimal sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina olahraga.

Setelah melakukan pemanasan, otot dan sendi menjadi siap untuk melakukan olahraga sehingga kinerja keseluruhan tubuh menjadi lebih optimal, berstamina, dan tidak mudah lelah.

Baca Juga : 12 Manfaat Lari Pagi Beserta Tips Agar Konsisten!

4. Melancarkan Aliran Oksigen

Pemanasan membantu pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk otot dan sendi menjadi lebih lancar dan optimal. jika kadar darah yang kaya akan oksigen mengalir ke dalam tubuh secara optimal menbuat waktu pemulihan fisik setelah olahraga menjadi cepat dan mengurangi rasa sakit setelah olahraga dan resiko terjadinya cedera.

Sebaliknya, apabila kekurangan aliran oksigen dalam darah saat melakukan olahraga dapat meyebabkan otot menjadi terlalu panas dan tegang sehingga membuat tubuh cepat lelah dan olahraga menjadi tidak optimal sampai dapat menyebabkan cedera saat olahraga.

5. Mengurangi Rasa Sakit dan Kelelahan

Dilansir dari IDN Times, olahraga yang dilakukan dengan pemanasan dapat berlansung lebih lama dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan tidak dengan pemanasan sebelumnya. Jika kamu melakukan pemanasan sebelum olahraga maka dapat membuat otot dan sendi dapat “mempersiapkan diri” untuk bisa melakukan olahraga lebih lama, sehingga resiko otot mengalami kelelahan juga diperlambat.

Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga membuat otot lebih rileks. Hal tersebut terjadi karena aliran nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah ke otot lebih optimal sehingga otot tidak mudah panas dan mengalami kelelahan.

6. Mengurangi Ketegangan Otot

Kondisi otot yang tegang dapat menghambat aliran nutrisi dan darah masuk ke dalam otot. Otot yang tegang saat berolahraga dapat memicu kelelahan otot menjadi lebih cepat dari yang seharusnya, selain itu otot yang tegang juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya cedera saat olahraga.

Pemanasan sebelum olahraga bermanfaat untuk meregangkan otot sehingga otot menjadi lebih rileks dan siap untuk melakukan olahraga. Otot yang rileks dapat melancarkan peredaran aliran darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen ke otot dan sendi yang menjadi area olahraga.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga yang berikutnya, yuk kita coba lakukan pemanasan untuk melenturkan otot tubuh yang kaku berikut.

7. Pemanasan Bermanfaat untuk Mengurangi Stress

Ternyata manfaat pemanasan selain dapat bermanfaat untuk kesehatan fisik, dapat bermanfaat pula untuk kesehatann mental seperti dapat mengurangi stress.

Hal tersebut dapat terjadi karena dengan pemanasan aliran darah yang kaya akan oksigen mengalir dengan optimal ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan efek relaksasi pada tubuh. Pemanasan yang dilakukan dengan benar juga dapat meningkatkan energi dan semangat kita untuk berolahraga dan membuat mood kita menjadi bahagia.

Baca Juga : Aplikasi Olahraga Wajib untuk Sports Enthusiast. Gratis loh!

8. Menambah Fleksibilitas

Pemanasan sering disebut juga dengan istilah peregangan, karena salah satu tujuan dari pemanasan adalah untuk membuat otot tubuh menjadi rileks dan lentur. Peregangan sebaiknya dilakukan setelah kita selesai melakukan pemanasan. Dengan melakukan peregangan maka mempermudah jalan masuknya aliran darah ke otot.

Otot tubuh yang lentur dapat mengurangi resiko nyeri dan sakit saat olahraga, sehingga resiko cedera saat olahraga juga menurun. Otot tubuh yang lentur tidak hanya mempermudah kita saat sedang berolahraga, namun dalam aktivitas sehari-hari dan juga unuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Salah Satu Manfaat Pemanasan adalah Memperbaiki Postur Tubuh

manfaat pemanasan sebelum olahraga

Hati-hati jika kamu tidak rutin melakukan pemanasan sebelum olahraga. Jika tidak rutin melakukan pemanasan sebelum olahraga, dapat menimbulkan terjadinya ketidakseimbangan otot yang berdampak pada postur tubuh yang kurang baik.

Dilansir dari SehatQ, jika rutin melakukan pemanasan sebelu olahraga dapat memperbaiki postur tubuh yang baik secara bertahap. Postur tubuh yang baik sangat berpengaruh terhadap optimalnya olahraga dan juga kesehatan tubuh kita.

Setelah mengetahui berbagai manfaat pemanasan sebelum olahraga untuk tubuh dan keshetan kita, Sobat Ourena jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebekum olahraga ya. Pemanasan sebelum olahraga dapat dilakukan selama 10-15 menit dan berfokus pada area olahraga yang akan kamu lakukan.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap