Pemain Basket Paling Berpengaruh, Dari Jordan Hingga LeBron!
Pemain Basket Paling Berpengaruh, Dari Jordan Hingga LeBron!

Pemain Basket Paling Berpengaruh, Dari Jordan Hingga LeBron!

Pemain Basket Paling Berpengaruh – Hallo Sobat Ourena, Bicara soal basket kita pasti tidak akan pernah bisa lepas dari pembicaraan tentang para pemainnya. Mulai dari nama besar Michael Jordan, hingga pemain basket paling berpengaruh saat ini yaitu LeBron James. Nah, kali ini kita akan bahas pemain NBA paling berpengaruh sepanjang masa, dari era ke era. Pastinya semenjak adanya kontes / liga basket paling bergengsi di dunia yaitu NBA itu sendiri.

Deretan Pemain Basket Paling Berpengaruh Sepanjang Masa!

Bicara soal pemain basket paling berpengaruh, NBA telah banyak melahirkan bakat luar biasa yang menjadi acuan dari para fans baik sekedar hobi ataupun professional sekalipun. Tentu saja hal ini juga tidak lepas dari sejarah permainan basket yang lahir di negara paman sam tempat asal liga ini. NBA adalah kontes / liga basket tertua di dunia. Di sini para pemain hebat itu lahir dan memberikan pengaruh sampai ke penjuru dunia.

Tanpa berlama – lama lagi mari kita lihat, 5 pemain basket paling berpengaruh sepanjang sejarah versi Ourena Sport! Enjoy!

1. Michael Jordan (MJ)

Siapa yang tidak kenal dengan pemain basket yang satu ini. Ya, Michael Jeffrey Jordan atau biasa dipanggil dengan nama Michael Jordan (MJ). Salah satu talenta hidup yang hingga era saat ini masih dikenal dengan baik oleh pecinta basket. MJ adalah pemain basket paling berpengaruh yang berperan besar dalam memperkenalkan basket dan NBA hingga ke seluruh dunia.

Pemain basket paling berpengaruh ini memliki pencapaian yang sangat gemilang selama berkarir di NBA. Jordan berhasil menyabet, Rookie of the Year; MVP NBA5 kali; Juara NBA enam kali; MVP NBA Finals enam kali; MVP NBA All-Star tiga kali. Tidak hanya deretan Most Valueable Player (MVP), Jordan juga mendapatkan Sepuluh kali Tim Utama All-NBA; Sembilan kali Tim Utama All-Defensive NBA; NBA All-Star sebanyak 14 kali; 50th Anniversary All-Time Team; Sepuluh gelar pencetak poin – rekor NBA dan tujuh pertandingan berturut-turut Wilt Chamberlain. Jordan Pensiun dengan skor rata-rata tertinggi NBA 30.1ppg; Penerima Hall of Fame.

Saat ini Jordan pensiun dengan nama besarnya dan menjadi business man di Amerika Serikat. Jordan adalah pemilik utama dan ketua Charlotte Hornets dari National Basketball Association (NBA) dan 23XI Racing di NASCAR Cup Series.

2. Allen Iverson (AI)

Nama besar selanjutnya dalam list pemain basket paling berpengaruh sepanjang sejarah adalah Allen Iverson (AI). Pemilik panggilan “The Answer” ini memulai karirnya di Philadelphia 76ers dengan terpilih pada NBA draft pada tahun 1996. Iverson merupakan salah satu guard terbaik di NBA, dia bermain selama 14 musim di NBA sebagai shooting guard dan point guard.

Iverson dinobatkan sebagai Rookie of the Year NBA1996-97, pecetak poin terbanyak di NBA selama musim 1998–99, 2000–01, 2001–02, dan 2004–05. AI juga merupakan Pemain MVP-NBA musim 2000-01, memimpin timnya ke Final NBA 2001. Ia juga memenangkan all-star game MVP award di 2001 dan 2005. Ikut mewakili Amerika Serikat di Olimpiade Musim Panas 2004 dan memenangkan medali perunggu. Rata-rata skor karir musim regulernya 26,7 poin per game menempati urutan ketujuh sepanjang masa, sementara karir playoffnya mencetak rata-rata 29,7 poin per game adalah yang kedua setelah Michael Jordan.

Dalam karir selanjutnya, Iverson bermain untuk Denver Nuggets, Detroit Pistons, dan Memphis Grizzlies, sebelum mengakhiri karir NBA-nya dengan 76ers selama musim 2009-10. AI dinilai sebagai shooting guard NBA tehebat kelima sepanjang masa oleh ESPN pada tahun 2008. Dia mengakhiri karirnya di Turki dengan Beşiktaş pada tahun 2011. Dia kembali sebagai pemain-pelatih untuk 3’s Company di musim perdana BIG3.

3. Kobe Bryant

Tidak akan ada yang bisa menyangkal jika Kobe Bryant ada didalam deretan pemain basket paling berpengaruh sepanjang masa ini. Pengaruh pemain berjuluk “Black Mamba” ini luar biasa besar dalam dunia olahraga itu sendiri. Kobe merupakan icon didunia olahraga terutama basket. Kobe tidak hanya pemain yang sangat hebat, ia juga merupakan motivator ulung yang banyak memberikan motivasi dari perjalanan hidupnya sendiri. Kali ini kita akan bahas Kobe sebagai pemain basket professional.

Bryant adalah pencetak poin terbanyak sepanjang masa dalam sejarah franchise Lakers. Dia juga guard pertama dalam sejarah NBA yang bermain setidaknya 20 musim. Ke-18 gelar All-Star-nya adalah yang terbanyak kedua sepanjang masa, sementara itu adalah rekor penampilan terbanyak berturut-turut sebagai starter. Empat Penghargaan MVP All-Star Game Bryant diikat dengan Bob Pettit untuk yang terbanyak dalam sejarah NBA. Pada Olimpiade Musim Panas 2008 dan 2012, ia memenangkan dua medali emas sebagai anggota tim nasional AS. Pada tahun 2018, ia memenangkan Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik untuk filmnya di tahun 2017 berjudul Dear Basketball

Bryant meninggal pada usia 41, bersama dengan putrinya yang berusia 13 tahun Gianna dan tujuh lainnya, dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California pada tahun 2020. Sejumlah penghargaan dan memorandum kemudian dikeluarkan, termasuk mengganti nama Penghargaan MVP All-Star Game untuk menghormatinya.

4. LeBron James (LBJ)

LeBron Raymond James Sr, pemain basket paling berpengaruh di era sekarang ini yang banyak digandrungi oleh kaum muda yang menjadikannya idola. LBJ lahir di Akron, Ohio pada tanggal 30 Desember 1984. Di usianya yang masih terbilang produktif ini ia sudah banyak mencetak sejarah untuk dirinya sendiri dan tim nya.

LeBron mengawali karirnya di Cleveland dengan masuk daftar NBA draft pada tahun 2003. Mendapat kelar Rookie of The Year 2003-04 dan NBA MVP di tahun 2009 dan 2010. Karena kegagalannya memenangkan championship dengan Cleveland, James memutuskan untuk meninggalkan Cleveland dan bergabung dengan Miami Heat sebagai free agent. James memenangkan dua kejuaraan bersama Miami Heat pada 2012 dan 2013. Tahun 2016, ia memimpin Cavaliers meraih kemenangan atas Golden State Warriors di Final NBA dengan bangkit dari defisit 3–1. Di 2018, James memilih keluar dari kontraknya dengan Cavaliers untuk menandatangani kontrak dengan Lakers, di mana ia memenangkan kejuaraan tahun 2020.

Source: Bleacher Report

LeBron James merupakan salah satu pemain basket paling berpengaruh sepanjang sejarah. Diluar lapangan Lebron terlibat dalam kegiatan filantropis dan aktivis. Organisasi amal James (LeBron James Family Foundation) membantu membuka sekolah, kompleks perumahan, dan pusat komunitas / plaza ritel di kampung halamannya di Akron.

5. Stephen Curry

Wardell Stephen “Steph” Curry II atau yang biasa dipanggil “Steph” Merupakan shooter ulung yang bermain di Golden State Warriors. Pemain basket paling berpengaruh yang satu ini merupakan guard yang memiliki akurasi tinggi bahkan dari jarak yang jauh sekalipun. Di era sekarang ini kaum muda juga sangat menggandrungi Steph karena kepiawaiannya dalam menembak bola dan berliuk mengelabui lawan.

Steph mengawali karirnya dengan masuk NBA draft pada tahun 2009 oleh The Warriors. Pada 2014-15, Curry memenangkan penghargaan MVP pertamanya dan memimpin Warriors ke kejuaraan pertama mereka sejak 1975. Musim berikutnya, ia menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang terpilih sebagai MVP dengan suara bulat dan memimpin liga dalam mencetak poin dengan menembak di atas 50–40–90. Pada tahun yang sama, Warriors memecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim NBA dalam perjalanannya mencapai Final NBA 2016. Curry membantu Warriors kembali ke Final NBA pada 2017, 2018 dan 2019, memenangkan gelar berturut-turut pada 2017 dan 2018, sebelum dikalahkan oleh Toronto Raptors pada 2019.

pemain basket paling berpengaruh
Instagram: @stephencurry30

Setelahnya, Steph sempat mengalami cedera yang cukup parah membuatnya tidak bisa bermain sangat lama. Cedera yang dialaminya ada dibagian tangan kiri yang patah disaat The Warriors mengahadapi Suns. Ia berusaha melakukan layup di antara dua pemain Suns, Kelly Oubre Jr. dan Aron Baynes. Kemudian jatuh dan tertimpa oleh badan Baynes yang mengenai tangan kirinya. Saat ini ia sudah kembali bermain seperti sedia kala dan menjadi guard mematikan sepeti sebelumnya.

Tentu saja, saat kita bicara pemain NBA paling berpengaruh sepanjang masa, akan banyak sekali menimbulkan perdebatan. Terutama dikalangan Sobat Ourena yang memang memiliki ketertarikan lebih dengan basket atau mungkin memang pemain juga yaa hahaha. Gimana masuk gak pemain favorit sobat Ourena dalam list? Kalo belum siapa sih? Tulis di kolom komentar yaa!!

Baca Juga: WAJIB TAHU! 5 Teknik Dasar Bola Basket

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap