Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Dari Pemain Hingga Aturan
Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Dari Pemain Hingga Aturan

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Dari Pemain Hingga Aturan

Pasti Sobat Ourena sudah pernah main futsal dan sepak bola kan? Kedua olahraga ini merupakan olahraga yang memiliki konsep yang mirip dalam bermain. Keduanya sama-sama populer dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sepak bola sudah menjadi permainan wajib masyarakat dari anak-anak hingga dewasa. Sementara futsal juga tak kalah populernya, bahkan saat ini semakin banyak tempat futsal dengan berbagai harga dan fasilitas. Olahraga futsal menggunakan lapangan yang lebih kecil tetapi bentuknya hampir mirip dengan lapangan sepak bola.

Kedua olahraga ini sama-sama memiliki cara bermain yang sama, yaitu dengan cara pemain menendang bola dan memasukkan bola ke gawang yang dijaga oleh penjaga gawang. Sekilas, kedua olahraga ini terlihat sama. Tapi jangan salah ya, sebenarnya dua olahraga ini memiliki perbedaan loh! Mau tau apa saja perbedaan antara keduanya? Baca poin-poin berikut ya!

Simak perbedaan futsal dan sepak bola berikut untuk tentukan kamu lebih cocok olahraga yang mana

Source : Unsplash

Kalo soal sejarah, sepak bola adalah olahraga yang lebih dulu ditemukan, bahkan mulai abad ke 14 sebelum masehi. Sedangkan Futsal sendiri bisa dikatakan terinspirasi dari Sepak bola. Futsal baru ditemukan pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani di Uruguay. Nah, selain perbedaan sejarah dan latar belakang, inilah beberapa perbedaan antara sepak bola dengan futsal:

1.     Pemain

Perbedaan yang pertama adalah dalam jumlah pemain. Sepak bola terdiri dari 11 pemain sementara futsal terdiri dari 5 pemain satu tim. Selain itu, pergantian pemain dalam sepak bola dibatasi 3+1 kali dalam sebuah pertandingan resmi. Sementara futsal lebih fleksibel. Dalam futsal tidak ada pembatasan pergantian pemain.

Pada pertandingan sepak bola, pemain harus meminta izin terlebih dahulu kepada wasit untuk melakukan pergantian pemain. Wasit kemudian akan menghentikan permainan dimana waktu ini akan digunakan pemain keluar dan masuk. Pemain di lapangan harus keluar lebih dulu dan disusul pemain pengganti masuk ke lapangan.

Sementara pada futsal, pemain bisa keluar dan masuk ke lapangan kapan saja tanpa perlu memperoleh izin terlebih dahulu dari wasit.

2.     Wasit

Pada sepak bola, jumlah wasit yang ada di dalam lapangan adalah 1 orang dan biasanya terdapat 2 orang wasit lainnya yang menjadi penjaga garis. Berbeda dengan sepak bola, pada futsal hanya ada 2 orang wasit saja yang berperan sebagai pemimpin pertandingan. Selain itu, wasit selalu ada di luar lapangan.

3.     Lapangan

Pada umumnya, olahraga sepak bola dilakukan di luar ruangan dengan lapangan berumput hijau. Rumput di lapangan sepak bola pun merupakan rumput asli dengan tanah di bagian bawahnya. Sedangkan untuk lapangan futsal, jenis lapangannya berbeda, yaitu menggunakan vinyl/rumput sintetis dengan lapisannya berupa semen atau beton. Lapangan futsal memiliki 2 tipe, yaitu indoor dan ada pula yang outdoor, meskipun saat ini lebih banyak lapangan futsal indoor.

Luas lapangan kedua olahraga ini pun memiliki berbeda. Futsal menggunakan lapangan yang lebih kecil daripada sepak bola. Panjang lapangan sepak bola adalah antara 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter. Sedangkan lapangan futsal lebih kecil dengn panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter.

Baca juga : Tips Bermain Futsal Saat New Normal yang Harus Kamu Ikuti!

4.     Bola

Meski terlihat sama, ternyata futsal dan sepak bola menggunakan bola yang berbeda. Sepak bola menggunakan bola yang memiliki ukuran keliling 68-71 cm. Berat bola yang digunakan adalah seberat 396-453 gram. Selain itu, tekanan bola yang digunakan dalam sepak bola adalah 8-12 psi. Dengan pantulan bola yang digunakan adalah 60 cm apabila dijatuhkan dari tanah dengan ketinggian 1 meter.

Sementara pada futsal, bola memiliki ukuran keliling sebesar 62-64 cm dengan berat 400-440 gram. Tekanan bola futsal adalah 0,4-0,6 atmosfir dan bola futsal pantulannya hanya sekitar 55-65 cm.

5.     Gawang

Gawang Futsal tentu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gawang sepak bola. Gawang futsal memiliki panjang mencapai 3 meter dan tinggi mencapai 2 meter. Sementara gawang Sepak bola memiliki panjang mencapai 7,32 meter dan tingginya mencapai 2,44 meter

6.     Durasi Pertandingan

Untuk durasi permainan pun kedua olahraga ini memiliki perbedaan. Durasi waktu dalam futsal adalah 40 menit dan dibagi menjadi 2 sesi 2×20 menit dalam satu kali. Sedangkan sepak bola memiliki waktu 2×45 menit atau selama 90 menit dalam satu kali pertandingan.

7.     Tambahan Waktu pada Pertandingan

Pada kejuaraan, pertandingan sepak bola mendapatkan tambahan waktu 2 x 15 menit apabila skor dinyatakan seri. Sementara untuk futsal, biasanya memiliki tambahan waktu 10 menit saja atau 2 x 5 menit ketika hasil skor kedua tim sampai seri.

8.     Waktu Istirahat dan Timeout

Setiap pertandingan sepak bola akan memberlakukan waktu istirahat 15 menit. Waktu istirahat ini tidak termasuk 90 menit pertandingan yang ada pada babak I dan II.

Sementara untuk futsal, pemain hanya diberi waktu istirahat 10 menit. Istilah time out pun tidak ada pada sepak bola, namun pada permainan futsal, maksimal 1 kali time out per babak.

9.     Offside

Perbedaan selanjutnya yaitu, pada sepak bola aturan offside selalu ada dan diberlakukan. Sementara pada pertandingan futsal, tak ada aturan offside.

Baca juga : Lapangan Futsal Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

10.  Permainan

Dalam sepak bola, kiper masih jarang yang sering ikut membantu tim saat menyerang sementara dalam futsal, kiper sering membantu tim dalam penyerangan. Selain itu, perkembangan taktik sepak bola jauh lebih maju dan kian kompleks sementara di futsal taktik belum sekompleks sepak bola.

Gaya permainan dalam sepak bola lebih rumit dan bisa mengkombinasikan gaya menyerang dengan permainan fisik, kreatifitas ataupun daya main setiap tim, sementara pada futsal gaya permainan lebih mengutamakan kecepatan dan kreatifitas.

11.  Pelanggaran

Untuk futsal terdiri dari kontak fisik pada saat pertandingan berlangsung sampai 5 kali saja. Sementara untuk sepak bola pelanggaran tidak ada batasnya hanya ada peringatan dikenai kartu merah atau kuning.

Aturan kartu merah pada futsal, pemain yang mendapat kartu merah dapat digantikan dengan pemain cadangan setelah 2 menit setelah pemain lawan mencetak gol. Untuk sepak bola pemain ini diharuskan keluar dari pertandingan dan tidak boleh diganti.

Nah itu dia perbedaan antara sepak bola dan futsal. Kesimpulannya, olahraga futsal relatif lebih simple apabila dibandingkan dengan sepak bola. Mulai dari aturan pemain, aturan permainan hingga pelanggaran. Sementara sepak bola, aturan yang dimiliki cenderung lebih banyak dengan pemain yang juga lebih banyak.

Semoga bermanfaat dan Sobat Ourena jadi paham perbedaan antara kedua olahraga tersebut ya! Kalo dari penjelasan di atas, kira-kira kamu lebih suka main yang mana?

One comment

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap