5 Teknik Renang Gaya Bebas Dijamin Engga Tenggelem!
5 Teknik Renang Gaya Bebas Dijamin Engga Tenggelem!

5 Teknik Renang Gaya Bebas Dijamin Engga Tenggelem!

Hallo Sobat Ourena, kali ini Mimin akan membahas mengenai macam-macam teknik renang gaya bebas yang dijamin para sobat akan mahir untuk berenang gaya bebas asalkan mengikuti langkah-langkah yang akan Mimin berikan di bawah ini. Kuncinya mudah ko untuk belajar renang gaya bebas hanya perlu prakterkan apa yang Mimin ajarkan dan jangan pernah untuk takur dengan air ya sobat. Satu hal yang perlu sobat tau Mimin sangat tidak rekomendasikan untuk sobat Ourena mencoba teknik renang gaya bebas ini di bak mandi rumah ya apalagi rumah tetangga.

Dikutip dari Wikipedia, Renang adalah gerakan berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. udah penasaran dengan bagaimana teknik renang gaya bebas? yuk langsung dibaca Mimin sudah merangkumnya menjadi 5 teknik sebagai berikut:

1. Teknik Posisi Tubuh Renang Gaya Bebas

teknik renang gaya bebas

Picture from: Brainly

Walaupun terdengannya hal yang kurang penting teknik ini perlu sobat Ourena perhatikan yaitu dengan cara posisi tubuh sobat harus sejajar dengan permukaan air yang artinya dari kepala hingga kaki sobat harus sejajar dan lurus ya, usahakan tubuh tidak terlalu masuk kedalam air karena jika demikian tubuh sobat akan terasa lebih berat karena terkena banyak air.

2. Teknik Meluncur

teknik renang gaya bebas

Picture from : Pexels

Bukan cuma renang gaya punggung saja ya sobat yang memiliki teknik meluncur, pada teknik renang gaya bebas juga memiliki teknik meluncur, yaitu dengan cara:

  1. Ambillah posisi dengan berdiri tegak di tepi kolam renang dan satu kaki harus menempel di dinding kolam
  2. Condongkan tubuh ke depan dan pastikan posisi sobat sejajar dengan permukaan air dan usahakan untuk meluruskan kedua tangan
  3. Selanjutnya pentalkan/tolakkan kaki sobat yang tadinya menempel di dinding kolam sekuat tenaga lalu jaga keseimbangan tubuh serta pertahankan agar tubuh sobat tetap sejajar dan lurus
  4. Selama kondisi sobat meluncur jangan lupa untuk mengambil nafas di atas permukaan air ya (Mimin tidak anjurkan untuk bernafas di dalam air hehe) baca terus ke bawah ya akan mimin berikan teknik pernafasan yang baik dan benar
  5. Ulangi langkah-langkah yang sudah mimin ajarkan berulang kali ya sehingga sobat Ourena dapat melesat jauh ke depan.

Mimin berikan langsung contoh teknik meluncur renang gaya bebas yang baik dan benar ya sobat silakan untuk ditonton hingga selesai.

3. Teknik Gerakan Kaki

teknik renang gaya bebas

Picture from : Wikipedia 

Lanjut ke teknik renang gaya bebas selanjutnya ya sobat Ourena, teknik gerakan kaki sangat penting, karena kaki dapat membuat daya dorong yang besar agar tubuh sobat dapat bergerak. Saat berenang, kaki harus sejajar dan lurus ya, usahakan lutut sobat untuk tidak ditekuk. Karena jika lutut sobat ditekuk maka hal tersebut akan memperlambat kecepatan sobat. Pada kaki yang bergerak adalah pangkal paha, usahakan secepat mungkin seperti sobat saat berjalan cepat namun harus tetap sejajar dan lurus.

Untuk melatih gerakan kaki seperti gambar di atas sobat ourena dapat berpegangan pada pinggir kolam kemudian kaki sobat melakukan gerakan di atas sampai terasa kaki sudah benar dan ada dorongan kedepan. Mimin sarankan lakukan latihan teknik ini  secara rutin agar didapat hasil yang maksimal ya.

Nah karena banyak sobat Ourena yang penasaran, ni Mimin berikan video beberapa kesalahan umum bagi pemula dalam melakukan gerakan kaki renang gaya bebas. Selamat menonton hingga selesai ya sobat.

4. Teknik Gerakan Tangan

teknik renang gaya bebas

Picture from : Wikipedia 

Dalam teknik renang gaya bebas selain kaki, tangan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam renang gaya bebas ya sobat. Dengan kekuatan tangan yang besar maka akan membuat kecepatan renang sobat juga bertambah. Gerakan tangan saat berenang gaya bebas seperti sobat mengayuh, namun jari jari harus menyerupai tangan atau kaki katak. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat kita berenang lebih cepat. Usahakan kekuatan tangan kanan dan kiri harus seimbang ya, karena jika tidak maka dapat mengakibatkan arah kita akan melenceng atau ketika sobat renang akan berbelok arah. 

Selain itu sobat juga harus membuka mata saat berenang atau jika sobat masih belum bisa membuka mata di dalam air, sobat bisa menggunakan kacamata renang ya. Bingung untuk cari kacamata renang premium dengan harga murah? Tenang Mimin kasih tahu online shop terpercaya yang menjual perlengkapan renang yang lengkap cek disini ya sobat Ourena.

Berikut video yang Mimin rekomendasikan untuk sobat Ourena, langsung tonton videonya hingga selesai untuk lebih mengetahui tentang teknik gerakan tangan renang gaya bebas ya.

5. Teknik Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas

teknik tangan

Picture from : Pexels

Disini Mimin akan menjelaskan teknik mengambil nafas yang benar ya sobat Ourena, beda dengan teknik pernafasan air di anime Demon Slayer ya sobat (klik disini kalau belum tau 15 teknik pernafasan Demon Slayer) 

Lanjut lagi ke dunia nyata ya, teknik pengambilan nafas saat berenang gaya bebas sangat penting ya sobat, karena jika sobat salah melakukan hal ini maka sobat dapat menelan air dalam kolam renang, pastinya gamaukan makanya pelajari betul teknik ini ya. Ketika mengambil nafas pastikan jika tangan sobat berada pada posisi mengayuh ke atas dan akan ke depan. Penyesuaian tangan sesuai dengan arah sobat menarik nafas.

Jadi ketika sobat mengambil nafas ke arah kanan, sobat harus menoleh ke kanan dan tangan kanan berada di posisi atas setelah mengayuh dan mengarahkannya kedepan. Jika sobat menoleh kekiri pastikan tangan kiri sobat berada di atas. Pengambilan nafas saat berenang biasanya dilakukan setelah gerakan tangan kiri dan tangan kanan mengayuh sebanyak 1 kali

Sobat Ourena masih belum kebayang bagaimana cara mengambil nafas yang baik dan benar? Nih Mimin berikan rekomendasi video tutorial pengambilan nafas yang dapat membantu sobat Ourena hingga jelas, yuk langsung disimak sampai habis videonya.

Bagaimana sobat dengan 5 teknik renang gaya bebas ala Ourena, share postingan ini ke keluarga atau teman sobat Ourena ya yang belum tahu atau ingin belajar renang gaya bebas. Pantau terus Ourena Sport karena akan menyediakan berbagai artikel menarik lainnya, see you sobat Ourena.

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap