5 Teknik Dasar Bola Basket Beserta Video Tutorialnya
5 Teknik Dasar Bola Basket Beserta Video Tutorialnya

5 Teknik Dasar Bola Basket Beserta Video Tutorialnya

Teknik Dasar Bola Basket, Yuk langsung Kuasai Sekarang

Hallo Sobat Ourena yang setia dan yang engga setia-setia banget yang berada di seluruh planet, kali ini mimin akan membagikan 5 teknik dasar bola basket yang wajib dikuasai jika sobat ingin mulai berlatih olahraga bola basket. Sebelum membaca artikelnya mimin sarankan untuk membacanya ditempat yang terang dan nyaman ya cobat Ourena. Inilah dia teknik dasar bola basket yang sudah mimin rangkum menjadi 5 teknik:

teknik dasar bola basket

Picture from: Unplash

teknik dasar bola basket

Picture from: Basketball Knowledge and Facts

1. Teknik memegang bola basket

Teknik yang pertama dan paling dasar yang harus sobat kuasai adalah teknik memegang bola secara baik dan benar. Teknik ini berguna agar bola tidak mudah lepas dari tangan selama permainan berlangsung.

Hal pertama yang wajib sobat lakukan adalah sikap awal tangan harus membentuk sebuah mangkuk besar, bola harus berada diantara kedua telapak tangan, telapak tangan melekat di samping bola dan sedikit ke belakang.

Pastikan jari-jari tangan melekat dengan memberikan jarak antar jari Lalu, letakkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.

Teori aja belum cukup ya sobat Ourena, ni Mimin berikan video penjelasan lebih lanjut mengenai teknik dasar memegang bola basket, di video ini akan dijelaskan bagaimana cara yang benar memegang bola basket dengan 1 tangan, yuk langsung ditonton.

2. Teknik mengoper bola basket (passing)

teknik passing bola basket

Picture from: Pexels

Lanjut ke teknik selanjutnya ya sobat Ourena yaitu teknik mengoper bola atau yang disebut passing. Teknik ini harus sobat kuasai agar kerjasama dalam tim dapat berjalan dengan lancar, passing dapat dilakukan menggunakan satu tangan maupun dua tangan tergantung kondisi saat permainan.

Mimim rangkum beberapa teknik passing yang harus sobat kuasai, yaitu:

Chest pass merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Bola harus dipegang menggunakkan ujung jari dari kedua tangan, sedangkan ibu jari berada dibagian belakang bola. Ketika hendak melemparkan bola, kedua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Bola yang dioper secara chest pass harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah ya sobat.

Bounce pass adalah teknik mengoper dengan mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola tersebut ke lantai. Saat melakukan bounce pass, usahakan untuk mengatur jarak ya sobat karena passing ini tidak bisa dilakukan jika jaraknya terlalu dekat.

Overhead pass adalah teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

Back Pass merupakan teknik passing yang dapat dilakukan apabila penerima berada dekat dengan sobat. Biasanya teknik ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari posisi arah belakang punggung, harus banyak berlatih ya sobat Ourena jika ingin menguasai passing yang satu ini.

Disini Mimin akan membagikan video teknik passing bola basket ala L-Men dan jangan lupa subscribe channel youtube L-Men Official ya sobat Ourena.

3. Teknik menggiring bola basket (dribbling)

teknik dribel basket

Picture from: Pexels

Nah, Sobat Ourena! Setelah para sobat menguasai teknik memegang dan mengoper bola. Sobat Mimin nyatakan telah siap untuk mempelajari teknik menggiring bola atau biasa disebut dengan dribbling. Berikut Mimin jelaskan 2 teknik menggiring bola basket yang wajib sobat Ourena ketahui:

  • Teknik Dribble Rendah

Dribble dengan teknik ini akan membuat lawan sulit dalam merebut bola yang sobat pegang. Lakukanlah teknik ini untuk menerobos pertahanan lawan.

Begini caranya ya sobat, jadi saat melakukan dribble rendah, kaki hanya dibuka selebar bahu saja ya. Jika sobat menggiring dengan tangan kanan, maka kaki kiri harus berada di depan, begitu pula sebaliknya. Biar apa min ko harus gitu? Tujuannya adalah untuk melindungi bola basket kesayangan sobat dari incaran lawan-lawan yang ingin merebut bola.

Tips dari Mimin ni perhatikanlah juga tinggi pantulan bola, jangan sampai melebihi pinggang dan jangan lupa untuk sedikit mencondongkan badan sobat ke arah depan.

  • Teknik Dribble Tinggi

Nah teknik yang kedua ini jauh berbeda dengan dribble rendah, dribble tinggi lebih cocok digunakkan saat sobat Ourena berada jauh dari penjagaan lawan.

Pada dribble tinggi, kaki dibuka sejajar ya. Jika sobat menggunakan tangan kanan, maka bola dipantul-pantulkan di samping kanan depan, begitu pula sebaliknya. Seperti pada dribble rendah, pastikan tubuh tidak terlalu tegap, melainkan sedikit condong ke depan.

Setelah sobat Ourena kuasai kedua teknik dribble tersebut, nanti akan mimin jelaskan di artikel selanjutnya mengenai teknik dribble lanjutan yang dapat sobat pelajari nantinya. 

Penasaran seperti apa dribble bola basket yang benar? Tenang Mimin sudah siapin video tutorialnya ko, jadi sobat Ourena langsung aja yuk nonton videonya dibawah ini.

4. Teknik menembak (shooting)

teknik shooting

Picture from: Pexels

Teknik dasar yang menurut Mimin paling penting adalah shooting, kenapa emang min? Ya siapa si yang engga suka nyetak point karena tujuan utama permainan bola basket adalah memasukan bola ke ring. Maka dari itu sobat Ourena WAJIB menguasai teknik menembak bola ke  dalam ring dengan baik dan akurat.

Sebelum melakukan shooting, pastikan sobat telah memasang kuda-kuda yang baik. Jika sobat menembak dengan tangan kanan, maka kaki kanan sobat harus berada di depan ya. Tekuklah lutut sobat untuk menjaga keseimbangan, menekuk lutut akan memberikan sobat tenaga lebih lo saat ingin menembak.

Mimin jelaskan lebih lanjut ya untuk macam-macam teknik dalam melakukan shooting, yaitu:

  • Free Throw

Dalam melakukan lemparan ini, sobat harus berdiri dengan dua kaki sejajar dengan bahu, pada saat ingin menembak tekuklah lutut sobat sedikit dan lepaskan bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

  • Jump Shot

Posisi yang diambil hampir sama dengan free throw. Namun, saat shooting akan dilakukan, sobat harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan.

  • Lay Up

Nah teknik ini adalah favorit Mimin loh, teknik shooting ini bisa dilakukan dari arah samping kiri maupun kanan. Kunci utama dalam lay-up adalah ketepatan kaki. Kenapa Min? Sebab, lay up hanya dilakukan dalam tiga hitungan.

Hitungan pertama adalah mengarahkan kaki belakang ke arah depan kaki tumpuan dengan gerakan melompat. Pada hitungan kedua dan ketiga, kaki tumpuan akan melompat ke arah depan sambil melemparkan bola dengan satu tangan.

Mimin kasih tips lagi ni saat melakukan lay up tidak boleh lebih dari dua langkah ya, karena akan dianggap pelanggaran travelling. Sobat Ourena penasaran dengan apa itu travelling dan macam-macam pelanggaran lainnya dalam permainan bola basker? Ni Mimin kasih tahu deh klik disini ya.

Mimin ada video keren ni khusus untuk para sobat Ourena, rahasia dalam melakukan shooting 3 point, langsung diajarin dari ahlinya lo. Yuk langsung ditonton hingga selesai.

5. Teknik bertahan (deffense)

teknik defense

Picture from: Pexels

Inilah teknik dasar terakhir yang harus sobat Ourena tahu, tujuan defense adalah untuk mencegah lawan dalam mencetak poin. Defense dapat sobat lakukan dengan dua cara, yaitu personal defense dan team defense.

Menurut Mimin ada 3 teknik yang termasuk dalam personal defense yaitu:

Standard defense: yang bertujuan untuk mengarahkan lawan pembawa bola ke arah samping dan mengikuti pergerakan lawan.

Deny Defense: Teknik defense ini berusaha menjaga lawan yang tidak membawa bola dengan menutup passing line dari lawan.

Triangle Defense: Teknik ini berusaha merebut bola saat lawan sedang melakukan passing.

Sedangkan untuk team defense terdiri dari:

Zone Defense: Teknik pertahanan ini menggunakan strategi pertahanan wilayah, dimana setiap orang memiliki post-nya masing-masing dalam menjaga lawan.

Man-to-Man: Pertahanan dimana setiap orang menjaga setiap orang dalam tim lawan satu per satu.

Fix Defend: Merupakan pertahan yang menggabungkan zone defense dan man-to-man.

Penasaran dengan teknik defense yang baik dan benar? Tenang Mimin selalu menyediakan infromasi secara lengkap dan benar. Yuk langsung disimak sampai habis tips dan drill dalam melakukan defense.

Begitulah 5 teknik dasar bola basket versi Ourena semoga dapat bermanfaat bagi sobat Ourena yang sedang ingin berlatih bermain bola basket, share postingan ini ke teman-teman sobat Ourena jadi sobat bisa berlatih teknik dasar bola basket bersama-sama. Min mau main bola basket tapi engga punya bola basketnya 🙁 Tenang Mimin sediakan online shop yang menyediakan berbagai bola basket premium dengan harga bersahabat, klik disini ya sobat dijamin aman dan terpercaya. 

Leave a Reply

Copy link
Powered by Social Snap